Mahasiswa Mudah Terlilit Utang Pinjol? OJK Beri Saran

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kantor Jasa Keuangan (OJK) menyatakan mahasiswa harus memastikan penyedia layanan pinjaman online (pinjol) terdaftar di OJK dan memiliki legalitas.

“Jika ingin berinvestasi atau menggunakan pinjaman online, penting untuk memastikan bahwa penyedia tersebut tercover atau terdaftar di OJK dan legal. Jadilah agen yang mengubah kita untuk bersama-sama membangun pembiayaan keuangan yang baik,” kata analis, Wakil OJK. Direktur Edukasi Keuangan Enriche Putera Hutama pada Seminar Kolaboratif Online “Perluasan Pemanfaatan Pinjaman di Kalangan Mahasiswa” di Universitas Pancasila Dari keterangan resmi, Jakarta, Minggu (10/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Masalah keuangan sering kali menimpa mahasiswa selama masa studinya, dan pinjaman telah menjadi pilihan menarik untuk memenuhi kebutuhan keuangan yang mendesak. Ketersediaan pembiayaan yang cepat tanpa persyaratan yang rumit membuat pinjaman ini semakin populer di kalangan pelajar.

Namun, lanjutnya, penting untuk diingat bahwa kemudahan ini seringkali disertai dengan risiko yang harus dipertimbangkan secara matang.

Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila (UP) Muhammad Rosit mengatakan, mahasiswa harus memiliki wawasan dalam pemanfaatan pinjaman agar tidak terjerat pinjol ilegal.

“Kalau bicara booming pinjaman online, masih relevan dalam beberapa tahun terakhir. Teknologi komunikasi semakin memudahkan masyarakat, terutama pelajar, untuk mendapatkan pinjaman online. Oleh karena itu, perlu adanya pendidikan dan literasi, serta serta identifikasi saat memilah pinjaman ilegal dan ilegal, kata Rosit.

Webinar yang diikuti oleh 172 peserta ini merupakan hasil kolaborasi OJK dan Piku Panaxilla University menjadi platform interaktif yang memberikan gambaran mengenai dampak dan tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam memperluas pemanfaatan kacang pinus.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *