Maman Sulaeman, Pencipta Aplikasi Penilaian Belajar Tanpa Sinyal dan Server

banner 468x60

Jawa Tengah: Maman Sulaeman, guru SMK Gondang Wonopringgo, Pekalongan, Jawa Tengah, menjadi salah satu orang yang menunjukkan kreativitas luar biasa di masa pandemi COVID-19. Di tengah situasi pandemi yang masih berlangsung, Maman berhasil membuat aplikasi asesmen pembelajaran dalam mode darurat “Tidak ada sinyal, tidak ada server”. Kisah ini menyoroti bagaimana pandemi ini menghadirkan tantangan baru, khususnya di dunia pendidikan.

Pada awal tahun 2020, ketika pembatasan sosial mulai diterapkan, sekolah tempat Maman belajar harus menghadapi situasi dimana harus diadakan ujian serentak. Namun permasalahan muncul karena seluruh ruang kelas di sekolah tersebut tidak memiliki akses WiFi sehingga menyulitkan siswa untuk mengakses ujian online.

Berdasarkan tantangan ini, Ibu memutuskan untuk membuat aplikasi penilaian pembelajaran “Tanpa Sinyal, Tanpa Server” dalam mode darurat. Aplikasi ini dirancang untuk memungkinkan siswa mengikuti ujian dalam mode darurat tanpa memerlukan koneksi internet atau server. Kesuksesan Maman mengembangkan aplikasi ini membuatnya berbagi informasi melalui akun Facebook pribadinya yang kemudian menjadi grup Telegram.

Dampak dari inovasi Maman sangat positif dan banyak sekolah di berbagai daerah di Indonesia mulai tertarik untuk bergabung. Saat ini, terdapat 16 sekolah di 9 provinsi yang menggunakan aplikasi penilaian pembelajaran dalam mode darurat ini, dengan total 4671 siswa dan 464 anggota terdaftar di grup Telegram.

Keberhasilan Maman Sulaeman menjadi contoh nyata bagaimana keterbatasan yang dihadapi selama pandemi bisa diatasi. Dalam situasi di mana akses Internet tidak selalu tersedia, inovasi seperti Aplikasi Penilaian Pembelajaran Mode Darurat sangat berharga karena memungkinkan pendidikan terus berlanjut tanpa terganggu oleh hambatan teknis.

Kisah ini juga mengingatkan kita bahwa ketika menghadapi tantangan, kita bisa menemukan solusi kreatif yang bermanfaat bagi banyak orang. Semangat dan dedikasi Maman Sulaeman menjadi contoh inspiratif bagi kita semua, terutama saat menghadapi situasi sulit seperti pandemi COVID-19.

Atas inisiatif dan kreativitasnya dalam menciptakan aplikasi pembelajaran “No Signal, No Server” dalam mode darurat, Maman Sulaeman mendapat penghargaan SATU Indonesia Awards 2021. Cara mudah beli mobil tanpa ribet kebiasaan konsumen pascapandemi. Perkembangan teknologi informasi membawa dampak terhadap perubahan aktivitas pembelian masyarakat Indonesia, termasuk pembelian mobil. goseo.id.co.id 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *