Manfaat Buncis untuk Kesehatan, Cocok untuk Ibu Hamil

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Kacang-kacangan merupakan sayuran yang populer di Indonesia. Sayuran ini bisa diolah menjadi berbagai masakan seperti tumisan dan sup.

Selain rasanya yang segar, kacang-kacangan mempunyai beragam manfaat bagi kesehatan. Bijinya banyak mengandung vitamin A, B, C, zat besi, protein dan mineral yang diperlukan tubuh. Oleh karena itu, sayuran hijau ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin menurunkan berat badan dan ibu hamil.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Selain itu, biji-bijian juga mempunyai banyak manfaat lain seperti menjaga kesehatan tubuh. Lalu apa saja efek kacang bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini seperti dilansir Redbook pada Senin 4 Desember 2023.

1. Menurunkan berat badan

Biji-bijian adalah sumber protein dan serat nabati yang baik. Makanan ini meningkatkan rasa kenyang dan mendukung pengelolaan berat badan, kata ahli diet terdaftar Frances Largeman-Roth, RDN.

“Protein adalah makronutrien yang membuat Anda kenyang paling lama,” jelasnya.

Mengkonsumsi kacang-kacangan dapat memberikan protein yang cukup bagi tubuh, selain itu sayur ini juga kaya akan serat. Serat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi sembelit dan melancarkan pencernaan. Sangat cocok bagi orang yang sedang diet untuk mengonsumsi kacang-kacangan.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal pada tahun 2014, mengonsumsi 6 ons kacang hijau dapat menurunkan kolesterol jahat sebesar 5%. Ini mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga enam persen.

3. Mengurangi stres

Menurut ahli diet terdaftar Lauren McAlister, RD, kacang-kacangan merupakan sumber magnesium yang baik. Selain itu, kandungan mineral pada kacang hijau dapat menunjang tidur, mengurangi stres dan menyeimbangkan hormon.

“Sengaja menambahkan kacang hijau ke dalam masakan, kandungan magnesiumnya mampu mengurangi rasa cemas dan membuat orang merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” jelas McAlister.

Sangat cocok bagi ibu hamil untuk mengonsumsi kacang hijau karena makanan ini mengandung folat yang diperlukan untuk janin.

Folat adalah salah satu nutrisi yang paling direkomendasikan untuk kehamilan yang sehat karena mendukung perkembangan saraf, kata ahli diet terdaftar Serena Poon, RDN.

“Sekitar 200 gram kacang hijau mengandung 18% dari rekomendasi asupan harian ibu hamil. Bijinya juga merupakan sumber kolin yang baik, yang penting untuk kesehatan perkembangan otak janin, lanjutnya.

Menurut Poon, kacang hijau merupakan sumber asam lemak esensial yang diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Pasalnya, kacang-kacangan juga mengandung sekitar 3% beta karoten dan membantu melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas dan sinar UV.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *