Manusia Mana yang Peradabannya Paling Lama di Dunia?

banner 468x60

goseo.id Ajaran – Beberapa peradaban seperti Mesir, Cina dan Mesopotamia disebut sebagai peradaban kuno. Namun, apakah mereka masuk dalam kategori peradaban berumur panjang? Ada banyak variabel yang menentukan jawaban atas pertanyaan ini. Pertama, para sejarawan dan arkeolog modern tidak sepakat pada satu definisi peradaban, termasuk kapan peradaban dimulai dan kapan peradaban berakhir, dan banyak pakar mempertanyakan apakah peradaban dapat diukur dengan cara ini. Kedua, semua peradaban besar memiliki masa di mana mereka diperintah oleh “orang asing”, misalnya suku Hyksos di Mesir. Alasannya, hal-hal seperti itu membuat sulit untuk menentukan apakah mereka dapat dianggap sebagai peradaban yang stabil. Ketiga, kebudayaan pada awal suatu peradaban mungkin berbeda dengan kebudayaan pada akhir peradaban tersebut. Akibatnya, banyak sejarawan dan arkeolog modern tidak menganggap konsep “peradaban” berguna. Di sisi lain, mereka lebih suka menonjolkan budaya dan tradisi.

Situasinya berbeda 100 tahun yang lalu, ketika para sejarawan dan arkeolog dengan senang hati menyebut budaya tertentu sebagai “peradaban”.

Berasal dari tiga peradaban kuno, Tiongkok sering dianggap sebagai peradaban terpanjang. Ide ini bermula dari beberapa dimensi, seperti penggunaan tulisan, pendirian kota atau tradisi yang berkelanjutan.

Berdasarkan arkeologi negara primitif Tiongkok saat ini, termasuk reruntuhan budaya Neolitik Liangzhu di Delta Sungai Yangtze, terkadang diklaim bahwa peradaban Tiongkok berusia lebih dari lima ribu tahun.

Namun, beberapa sejarawan melihat Tiongkok saat ini sangat berbeda dari masa lalu sehingga disebut sebagai peradaban berkelanjutan.

“Saya tidak berpikir bahwa apa yang terjadi di Tiongkok saat ini berkaitan erat dengan apa yang terjadi sebelum tahun 1949 [Revolusi Tiongkok di bawah Mao Zedong] atau 1911 (Revolusi Xinhai yang mengakhiri Kekaisaran Tiongkok terakhir).” , sejarawan konseptual dari University College, Cork, Irlandia. Mesir vs Mesopotamia

Mesir Kuno dan Mesopotamia umumnya dianggap sebagai peradaban yang paling lama bertahan di bawah pemerintahan Tiongkok.

Menurut sebuah perkiraan, peradaban Mesir kuno berlangsung sekitar 3.500 tahun, diukur dari zaman firaun pertama dan penggunaan tulisan hieroglif hingga masa ketika agama Kristen menggantikan agama utama.

Namun terkadang Mesir diperintah oleh dinasti asing, dan baik hieroglif maupun agama Mesir terkadang memiliki bentuk yang berbeda.

Sedangkan di Mesopotamia, penulisan Sumeria dimulai sekitar tahun 3200 SM, dan pemujaan terhadap dewa-dewa Mesopotamia diperkirakan masih berlanjut hingga abad ke-3 SM.

Dengan hitungan ini, Mesopotamia dapat dianggap telah bertahan sama seperti peradaban Mesir, menurut kurator dan kurator koleksi di Museum Penn bagian Babilonia Philip Jones di Philadelphia.

“Apa yang dimaksud dengan peradaban oleh kebanyakan orang harus dilihat sebagai ekspansi tingkat tinggi yang kehilangan fokus jika dilihat lebih dekat,” kata Jones. kata Jones.

Dia berkata, “Namun, selama sejarah dipandang sebagai rangkaian peristiwa kecil yang tak terbatas, masuk akal bagi para sejarawan untuk membagi sejarah menjadi bagian-bagian yang lebih mudah dikelola.” Mengapa Israel begitu membenci Palestina? Rakyat Palestina mempunyai banyak alasan untuk membenci Israel, sebuah koloni kolonial yang dibangun di atas reruntuhan negara mereka sendiri. Mengapa Israel membenci Palestina? goseo.id.co.id 29 November 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *