Mendag: Jika Indonesia Ingin Maju, Kata Kuncinya Adalah Perempuan

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menjadi keynote speaker pada pengukuhan Pengurus Wanita Pengusaha BPP HIPMI periode 2023-2025, di Gedung Energi, Jakarta, Rabu (12/06/2023). . Mendag menekankan betapa luar biasa peran perempuan dalam memegang kunci keberhasilan peradaban.

Dalam sambutannya pada acara ‘Kontribusi Perempuan Sebagai Penggerak Perekonomian Nasional’, Zulkifli Hasan memberikan contoh nyata bagaimana ibunya membuka toko kecil-kecilan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Contoh kecilnya, ibu saya buka toko kecil-kecilan. Saya dilatih buka toko, tutup toko, jual bambu beku. Jadi itu diberikan ke saya, kata Mendag.

Zulkifli Hassan menegaskan, peran perempuan, khususnya sebagai perempuan wirausaha, sangatlah penting.

“Misme di Indonesia mencapai 90 persen, dan 65 persennya adalah perempuan sebagai pelaku usaha. Ini penting sekali. Jadi, kalau Indonesia ingin maju di tahun 2045, kata kuncinya adalah perempuan,” imbuhnya.

Mendag juga menyampaikan dukungan Kementerian Perdagangan kepada perempuan pengusaha.

“Kami di Kementerian Perdagangan memberikan kerja sama yang dapat terjalin untuk mendukung peran perempuan dalam dunia usaha,” ujarnya.

Sebagai langkah konkritnya, Mendag menyebutkan sekolah ekspor untuk membantu pengusaha yang sedang berkembang dan ingin mengekspor.

“Kalau masyarakat yang mengembangkan dan mau ekspor kurang paham, kita ada sekolah ekspor,” tutupnya.

Sekadar informasi, acara ini menjadi momentum penting untuk menginspirasi dan mendukung wirausaha perempuan yang tergabung dalam BPP HIPMI Womenpreneur, serta menegaskan komitmen Kementerian Perdagangan dalam mendorong kontribusi perempuan dalam menggerakkan perekonomian negara.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan menghadiri peluncuran buku putih digital Strategi Pembangunan Ekonomi Nasional 2030 di The St. Regis Jakarta, Rabu (6/12/2023). Dalam agenda tersebut, Mendag juga menjadi pembicara pada Insight Leaders dengan topik Infrastruktur Digital: Kunci Utama Perkembangan Ekonomi Digital Indonesia.

Zulkifli Hassan menjelaskan peluncuran white paper ekonomi digital ini akan menjadikan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbaik di ASEAN. Indonesia akan memimpin pengembangan ekonomi digital.

Tadi, apa yang disampaikan Menko Perekonomian (Menko Perekonomian Airlangga Hartarto) sudah jelas arahnya dan beliau yakin apa yang diluncurkan ini adalah yang terbaik di ASEAN, kata Zulkifli Hassan.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga telah menyiapkan langkah konkrit yang masuk dalam strategi nasional pengembangan ekonomi digital.

Fokus percepatan transformasi digital bertujuan untuk mencapai integrasi layanan digital nasional, sekaligus meningkatkan kesadaran dan urgensi UMKM dalam menggunakan ideologi digital.

Dalam upaya mendukung inovasi, Menteri Perdagangan mengungkapkan rencana untuk menyediakan program akselerator nasional bagi startup. Dan juga menjadikan penggunaan teknologi sebagai prioritas.

Selain itu, Mendag menyampaikan langkah-langkah yang dilakukan Kementerian Perdagangan untuk mengembangkan perdagangan, memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh pelaku ekonomi. Hal ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

“Membangun komisi nasional yang memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh pelaku usaha,” tutup Zulkifli Hasan.

Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Juda Agung.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *