Mengenal 5 Jenis Beton untuk Membuat Bangunan Kokoh dan Kuat

banner 468x60

JAKARTA – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), beton adalah campuran semen, kerikil, pasir dengan air, yang digunakan untuk membuat tiang rumah, tiang penyangga, dinding, dan lain-lain. Tampilan beton yang belum selesai seringkali familiar dan mudah terlihat di area tertentu di rumah. Namun beton sendiri hadir dalam banyak jenis dan dapat digunakan tergantung kondisi dan kebutuhan. Pelajari tentang jenis beton berikut:

1. Beton bertulang

Beton bertulang merupakan kombinasi campuran beton dan batang baja yang memberikan kekuatan tarik lebih besar dibandingkan beton biasa. Biasanya beton ini digunakan untuk pelat lantai, jembatan dan pondasi dalam.

2. Beton pracetak atau beton pracetak

Beton pracetak adalah beton yang dibuat khusus. Biasanya, beton pracetak diproduksi di lokasi selain lokasi konstruksi, seperti bengkel atau pabrik. Setelah penyimpanan jangka panjang, beton pracetak dapat dikirim atau dipindahkan ke lokasi konstruksi yang diinginkan untuk menjaga kualitas beton dan mengantisipasi situasi dimana lokasi proyek terlalu sempit atau tenaga kerja tidak mencukupi. Contoh beton pracetak antara lain tangga, panel pagar, dan dinding eksterior.

3. Beton pratekan

Cara pembuatan beton pratekan dapat dikatakan sama dengan beton bertulang, namun yang membedakan adalah batang-batang baja yang tertanam pada beton harus dikencangkan terlebih dahulu agar beton tidak retak walaupun terkena beban yang berat.

4. Beton serat

Beton bertulang serat adalah beton yang tersusun dari serat-serat tertentu yang dicampurkan ke dalam campuran beton untuk mencegah retak. Jenis serat yang digunakan dapat berupa kawat baja, asbes, plastik dan tumbuhan.

5. Beton berongga

Beton berongga merupakan jenis beton yang banyak digunakan pada gedung-gedung pencakar langit. Beton vakum menggunakan alat vakum khusus untuk menyedot air guna mengencerkan campuran beton sehingga campuran hanya berisi air yang tercampur dengan semen.

Untuk mencapai hasil beton yang berkualitas, diperlukan obat beton Betonmix atau komponen campuran beton lainnya untuk meningkatkan fluiditas beton.

“Betonmix Concrete Medication, salah satu produk Aquaproof merupakan cairan bening siap pakai dengan menggunakan teknologi plasticizer canggih yang fungsinya untuk meningkatkan fluiditas beton sehingga beton yang dihasilkan lebih padat dan bebas pori-pori,” PT Adhi Cakra Manajer Pemasaran Utama Mulia Chandra Kurniawan dalam keterangan tertulisnya menyatakan:

Keuntungan menggunakan Betonmix dibandingkan bahan tambahan sejenis:

1. Meningkatkan mutu beton

Dengan menggunakan Betonmix, konsumsi air dapat dikurangi tanpa mempengaruhi fluiditas beton (mudah diaplikasikan/dapat dikerjakan/jatuh) dan dapat meningkatkan kuat tekan beton. Penambahan Betonmix pada campuran beton dapat menurunkan konsumsi air normal hingga 30% dan juga memberikan efek meningkatkan kuat tekan beton hingga 20% pada saat beton berumur 28 hari.

2. Mempercepat pengerasan beton

Kuat tekan beton + Betonmix umur 7-14 hari setara dengan beton umur 28 hari tanpa Betonmix.

3. Mempermudah penuangan beton

Betonmix dapat ditambahkan ke dalam campuran untuk memudahkan proses pengecoran. Penyebaran beton (fluiditas) meningkat tanpa mengurangi kuat tekan beton yang dihasilkan. Beton cair diperlukan pada saat pengecoran beton seperti pada area yang luas, beton dengan sistem tulangan kaku, kolom tinggi, luas penampang kecil dan pengecoran dengan pompa beton. Betonmix memungkinkan beton untuk memadat sendiri (self-compact), sehingga menghasilkan hasil yang lebih padat dan tidak terlalu berpori.

4. Tingkatkan kedap air

Beton padat memiliki pori-pori yang jarang dan lebih kecil sehingga air tidak dapat menembusnya. Hal ini membuat beton lebih kedap air dan meminimalkan masalah kebocoran di kemudian hari.

Betonmix tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan. Bila menggunakan Betonmix hanya membutuhkan 1% dari berat semen, misalnya menggunakan 2 karung semen (1 karung = 50 kg), lalu tambahkan 1 kg Betonmix ke dalam air dan aduk sebelum digunakan. Sebuah perusahaan semen dan pengolah sampah Jepang bersatu melalui sepak bola, dan itulah tujuannya. Ini adalah cara unik bagi dua perusahaan besar Jepang dan Indonesia untuk menjalin kemitraan melalui pertandingan sepak bola. goseo.id.co.id 9 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *