Mengenal Petroleum Jelly Serta Sejumlah Manfaatnya

banner 468x60

JAKARTA – Petroleum jelly atau petrolatum sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Dikenal dengan banyak manfaatnya, petroleum jelly kerap digunakan sebagai pengobatan berbagai masalah kulit. Ia juga sangat terkenal di dunia kecantikan dan pengobatan. Jadi apa sebenarnya yang ada di dalam petroleum jelly?

Vaseline merupakan campuran minyak mineral dan lilin yang kemudian membentuk zat semi padat seperti jeli. Menurut Healthline, petroleum jelly pertama kali ditemukan oleh Robert August Chesbrough pada tahun 1859.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Robert awalnya menciptakan petroleum jelly karena Robert menyadari bahwa orang yang berminyak membutuhkan zat lengket seperti jeli untuk menyembuhkan luka bakarnya.

Petroleum jelly tidak boleh digunakan sembarangan, penting untuk berkonsultasi dengan ahli medis terlebih dahulu untuk memeriksa alergi terhadap bahan minyak bumi.

Situs web Michigan State University memiliki bagian data yang menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam petroleum jelly dapat menyebabkan kanker.

Meskipun demikian, bahan-bahan petroleum jelly masih dianggap aman untuk digunakan karena tidak cukup bukti yang mendukung kekhawatiran tersebut di atas.

Digunakan untuk produk medis dan kosmetik.

Petroleum jelly merupakan produk berbahan dasar hidrokarbon dimana hidrokarbon merupakan komponen utama minyak dan gas. Produk ini terbuat dari bahan sisa minyak bumi hasil ekstraksi minyak dan gas yang diolah dengan baik hingga membentuk petroleum jelly yang aman.

Vaseline banyak digunakan dalam industri, kedokteran dan kosmetik. Dalam dunia kesehatan, petroleum jelly biasa digunakan untuk mengatasi luka bakar, kulit dan bibir pecah-pecah, menghilangkan bekas luka, bahkan menjadi bahan penting dalam pembuatan salep.

Sedangkan dalam dunia kosmetik, petroleum jelly berperan sebagai pelindung jaringan kulit, melembutkan kulit, menambah kilau, bahkan berperan sebagai pengawet pada produk perawatan rambut.

Vaseline terbukti aman untuk mengatasi berbagai masalah kulit dan rambut. Untuk menghindari reaksi yang merugikan, lakukan tes alergi sebelum menggunakan petroleum jelly dan ikuti anjuran dokter.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *