Mudah Didapat dan Diolah, Ketahui 4 Manfaat Kentang untuk Kesehatan

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Berbicara tentang kentang, semua orang pasti mengenal jenis umbi yang satu ini. Selain nasi dan singkong, kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat terpopuler.

Kentang sangat mudah ditemui dipasaran dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kentang yang mempunyai nama latin Solanum tuberosum ini relatif mudah ditanam dan diproduksi.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Faktanya, kentang cukup populer dan digunakan dalam berbagai macam masakan, termasuk makanan pembuka. Kentang biasanya diolah menjadi sayur sop, kentang goreng, donat dan lainnya.

Kandungan nutrisi pada kentang tidak perlu diragukan lagi, meski komposisinya didominasi oleh karbohidrat. Kentang juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh.

Kentang mengandung vitamin A, B kompleks, vitamin C dan asam folat. Jenis umbi yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Berikut empat manfaat kentang yang jarang diketahui, dilansir Real Simple pada Selasa 4 Desember 2023.

1. Memperlambat proses penuaan

Menurut ahli gizi Peggy Kotsopolous (RHN), warna kentang dapat mempengaruhi jumlah antioksidan yang ada. Penelitian menunjukkan bahwa kentang kuning memiliki antioksidan yang lebih baik dibandingkan kentang putih.

“Kandungan antioksidan tertinggi terdapat pada kulit dan daging kentang,” kata Kotsopolous.

Perlu dicatat bahwa antioksidan memperlambat proses penuaan baik secara fisik maupun mental, menjaga otak tetap tajam dan mencegah penurunan neurologis.

Salah satu hal terpenting untuk diingat adalah kentang merupakan sayuran bergizi yang kaya akan vitamin dan mineral. Kandungan ini penting dalam membantu tubuh dalam segala hal mulai dari sistem imun hingga energi tubuh.

“Kandungan vitamin C dan serat pada kentang membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat,” jelas Kotsopolous.

Ditambah lagi, serat dalam kentang membantu Anda kenyang dan mendukung kesehatan usus. Kentang juga mengandung vitamin B6, kalsium, magnesium, dan zat besi. Bahan-bahan ini bebas gluten dan kolesterol serta rendah natrium dan lemak.

Kentang kaya akan potasium. Kalium berperan besar dalam kesehatan jantung, termasuk meningkatkan tekanan yang menyebabkan jantung berdetak.

“Asupan kalium yang cukup dan pengurangan asupan natrium membantu mengurangi tekanan darah sistolik. “Menurunkan tekanan darah dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke,” jelas Kotsopolous.

Selain kesehatan jantung, potasium juga mendukung fungsi otot dan keseimbangan cairan. Ini akan membantu Anda mempertahankan latihan dan aktivitas sehari-hari agar menjadi semakin kuat.

Pati resisten merupakan jenis pati yang tidak dapat dicerna oleh usus halus. Sebaliknya, pati ini bertindak lebih seperti serat prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus besar Anda.

Mempertahankan bakteri baik dapat meningkatkan kesehatan usus. Kentang merupakan sumber pati resisten yang baik, sehingga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan usus.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *