Mycoplasma Pneumoniae Bisa Menyerang Anak, Perlukah Orang Tua Khawatir?

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pneumonia mikoplasma menjadi penyakit yang banyak dibicarakan masyarakat. Apalagi kasusnya meningkat di Tiongkok.

Selain pada orang dewasa, penyakit ini juga bisa menyerang anak-anak, apakah bisa menimbulkan gejala serius pada anak? Perlukah orang tua mengkhawatirkan hal ini?

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Profesor Agus Dwi Susanto, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPE), mengatakan bahwa terjadi peningkatan kasus pneumonia di Tiongkok utara akhir-akhir ini, dan WHO memberikan perhatian khusus. Namun penyebab pastinya belum diketahui, namun salah satu penyebab tersering adalah infeksi Mycoplasma pneumoniae.

Dijelaskannya, infeksi ini sebenarnya merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dapat menyerang orang dewasa maupun anak-anak. Kelompok tersebut bersifat ekstrim dan jarang atau jarang terjadi

Hal ini juga dapat memicu risiko penyakit paru-paru bahkan dapat mengancam jiwa, kata Dirjen RSUP Persahabatan dalam konferensi pers Persatuan Dokter Paru Indonesia (PDPI). ‘Waspadai Risiko Pneumonia Akibat Mikoplasma’ oleh RSUP Persahabatan, RSUPN Cipto Mangunkusumo dan RSPI Sulianti Saroso, Jumat (1/12/2023).

Sementara itu, dr Nasti Kaswandani dari RSUPN, mengatakan kepada anak-anak, jika mendengar kata pneumonia atau pneumonia akut maka akan mengancam nyawa. “Tentu saja, jika kita mencari pneumonia, maka penyakit itu pastilah yang membunuh anak-anak,” katanya.

Tapi, lanjutnya, itu pneumonia biasa, biasanya penyebabnya pneumokokus, influenza, atau Covid-19. Namun bila penyebabnya adalah mikoplasma maka disebut atipikal karena ekstrim, tidak lazim, atau tidak lazim. Jika penyakit ini menyerang anak-anak, maka penyakit ini terutama menyerang anak-anak sekolah, bukan anak kecil

“0,5 pneumonia disebabkan oleh virus pneumokokus atau influenza,” ujarnya. Angka kematiannya juga rendah, antara 8 dan 10 persen.

Sehingga kata dia, masyarakat tidak perlu panik atau menimbulkan kegaduhan berlebihan

“Jadi mikoplasma bukanlah sesuatu yang baru, bukan sesuatu yang mengagetkan, atau sesuatu yang patut menimbulkan ketakutan, namun kita sangat perlu meningkatkan kemampuan menganalisis jika kita bisa mengetahui penyebab mikoplasma,” ujarnya.

Namun, masalahnya adalah kami tidak dapat mengidentifikasi mikoplasma secara akurat karena alat diagnostik. “Sekarang sudah ada tes asam nukleat multipleks yang bisa mendeteksi berbagai jenis bakteri atau virus. Harganya masih mahal dan hanya tersedia di rumah sakit besar swasta atau pemerintah,” ujarnya.

Pengobatan umum pneumonia akibat Mycoplasma pneumoniae menurut derajat IRA atau pneumonia; Ini termasuk oksigen, hidrasi dan nutrisi yang tepat Antibiotik untuk pneumonia Mycoplasma adalah makrolida generasi baru: azitromisin dan klaritromisin. Pola hidup bersih dan sehat penting untuk mencegah infeksi

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *