Nilamsari Sahadewa Berbagi Kiat Percaya Diri dan Punya Mental Kuat agar Perempuan Berdaya

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Rasa percaya diri menjadi salah satu modal pengembangan diri, termasuk bagi perempuan. Dengan rasa percaya diri yang baik, perempuan tidak hanya hadir, mereka juga berdaya dan bisa membantu tanpa memandang kekayaan keluarga.

Menurut Baba Rafi Nilamsari Sahadeva, pendiri PT Sari Kreasi Boga sekaligus pemilik brand franchise Kebab Turki, perempuan tidak boleh puas dengan yang namanya anak perempuan, ibu, dan istri, melainkan harus mengenal diri dan potensi yang dimiliki. Menurutnya, perempuan juga harus membuktikan diri karena hal itu memberikan keseimbangan dalam hidup.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Karena kita para perempuan pasti punya perasaan keibuan, kadang penuh rasa bersalah seperti ‘Seharusnya aku di rumah, besarkan dan urus anak-anak.’” Felancy Challenge Me oleh Nilamsari, 15 Desember 2023, Jakarta Selatan, ujarnya di acara Change Me. peristiwa.

“Pada akhirnya, kami bukanlah istri, ibu dan anak,” katanya.

Nilamsari pun menceritakan kisahnya memulai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan keyakinan akan kemampuannya mengapresiasi cita rasa makanan yang mampu dibelinya.

Tanpa pelatihan bisnis formal, Nilamsari mulai memasak di depan Kebab Turki Baba Rafi, sebuah truk burger. Sangat jelas bahwa dia memulai karirnya sebagai seorang magang. Bisnis rak tamannya segera berkembang menjadi 5 kartu.

Namun, bisnisnya dengan cepat menghilang ketika pesaing yang lebih mapan dan mapan memasuki pasar.

Cobaan berat dalam memulai bisnis sendiri tidak menyurutkan niat ibu tiga anak ini untuk kembali bekerja bersama suaminya. Setelah berlibur ke Turki, ia mendapat ide untuk berjualan kebab. Neelam dan istrinya memutuskan untuk menjual kebab pada tahun 2003 setelah menyadari bahwa kebab dapat dijual hampir seperti gerobak burger. Modalnya sedikit lebih sedikit karena punya peralatan.

Singkat cerita, upaya MKOK membangun rasa percaya diri terus mengembangkan Kebab Turki Baba Rafi dengan 1.300 toko di Indonesia dan 10 negara lainnya.

Ya, sukses mungkin tidak semudah membalikkan tangan. Nilamsari kini berhadapan dengan rekan bisnisnya yang merupakan istri pertamanya. Kekerasan dalam rumah tangga juga berdampak pada UKM. Bahkan, Nilamsari juga menghadapi masa-masa kelam dalam hidupnya sebagai individu. Ibunya meninggal karena leukemia, suaminya bercerai, dan dia memiliki hutang satu miliar sebelum dia berusia 30 tahun.

2 item untuk kekuatan mental

Masalah yang dihadapinya begitu besar hingga Neelam hampir dua kali mengakhiri hidupnya. Untungnya, bukan itu masalahnya. Kesehatan mental yang kuat memerlukan dua hal, lingkungan yang sehat dan keyakinan bahwa Anda memiliki keterampilan yang sama.

“Pertama-tama kita perlu memiliki lingkungan yang sehat, terkadang kita tidak sadar bahwa kita memiliki persahabatan yang beracun. Memilih lingkungan batin sangat penting untuk mencapai tujuan yang kita inginkan,” kata Neelam.

Kedua, jika kita ingin menjadi perempuan yang berpikiran kuat, kita perlu merasa setara.

Menurut Nilamsari, Felancy, salah satu brand pakaian dalam wanita asal Indonesia, mendorong para calon wirausaha perempuan di bidang UKM dan konten kreator untuk memperkuat dan mengembangkan bisnisnya melalui program “Felancy Challenge Me, Felancy Change Me”. Peserta program ini mempelajari pelatihan personal branding pada bulan Juni hingga November 2023 di bawah bimbingan trainer Zata Ligouw.

Dalam program ini, UKM dan Content Creator mendapat kesempatan untuk membuktikan diri melalui serangkaian tantangan, antara lain promosi diri dan iklan langsung di TikTok dan Shopee, serta membuat konten kreatif untuk memulai bisnis sendiri. Juga diperbolehkan berkontribusi ke akun @PERCAYA WANITA oleh Felancy.

“Selain itu, mereka juga ikut serta dalam tantangan yang diberikan, meski tidak semuanya bisa menunjukkan apa yang harus mereka tunjukkan, ada pula yang sangat berhati-hati dan bersusah payah untuk melakukan LIVE dan membuat konten yang menarik. Agnes Devi, Head of Marketing Communications, Megariamas Sentosa, mengatakan: “Ini adalah MKOK/Konten Felancy. Makanya mereka memilih pemenang yang akan mendapatkan hadiah yang akan dijadikan modal usaha bagi para kreator.”

Harapannya, pendidikan dan dukungan dapat membantu perempuan tumbuh dan mencapai kesuksesan serta kepercayaan diri.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *