Operasi Bersih-bersih Gunung: Menyelamatkan Taman Nasional dari Polusi Plastik

banner 468x60

JAKARTA – Dalam upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya konservasi ekosistem khususnya di kawasan Taman Nasional Danone-AQUA, #BijakBerplastik: Aksi Bersih Gunung Gede Pangrango dijadwalkan pada 25-26 Mei. November 2023. Inisiatif ini dilaksanakan bekerja sama dengan mitra strategis dan Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dengan tujuan menciptakan model yang layak di taman nasional lain di Indonesia.

Acara ini juga menghadirkan Persatuan Pendaki Gunung Indonesia (APGI) dan komunitas sekitar 10 pecinta alam yang akan turun tangan membersihkan sampah plastik di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Sampah yang dikumpulkan akan didaur ulang oleh Danone-AQUA sebagai bagian dari sistem daur ulang mereka. Lebih banyak gulungan oke?

Mereka juga fokus membangun infrastruktur ekonomi sirkular dan sistem pengelolaan sampah berkelanjutan di taman nasional. Di antaranya penyediaan fasilitas pengumpulan sampah plastik, pembangunan rumah kompos, serta dukungan pengelolaan sampah oleh Unit Bisnis Daur Ulang (RBU) Danone-AQUA. Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan potensi usaha kecil dan menengah dengan mendirikan dan mendekorasi lapak pedagang kaki lima di sekitar pintu masuk taman nasional.

Sapto Aji Prabowo, Direktur Balai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, menekankan pentingnya kegiatan tersebut sebagai respons terhadap meningkatnya aktivitas pendakian gunung yang meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun tindakan tersebut harus dibarengi dengan tanggung jawab menjaga sanitasi lingkungan, seperti yang terungkap dalam Operasi Bersih-Bersih Gunung (OPSIH) yang menunjukkan hampir 1 ton sampah khususnya plastik diangkut dari kawasan taman nasional ini saja.

Vera Galuh Sugijanto, Wakil Sekretaris Jenderal Danone Indonesia, mengatakan inisiatif ini sejalan dengan strategi keberlanjutan Danone Impact Journey. Inisiatif ini bertujuan untuk mengumpulkan lebih banyak sampah plastik dari lingkungan pada tahun 2025 dan memimpin kampanye pendidikan daur ulang sambil bertujuan untuk menggunakan 100% kemasan ramah lingkungan.

“Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam mengatasi sampah plastik melalui kolaborasi sektoral dan meningkatkan kesadaran masyarakat,” kata Vera.

“Kami berharap aksi ini dapat mendorong lebih banyak pihak untuk mendukung pengelolaan sampah plastik di Indonesia dan bersama-sama menjaga sanitasi dan kelestarian lingkungan untuk masa depan yang lebih baik dan bersih,” tutupnya. Jutaan Ton Sampah di Indonesia Tidak Terkelola Dengan Baik, Ini Yang Perlu Dilakukan, Jumlah Sampah Yang Menumpuk Di Indonesia Masih Belum Terkelola Dengan Baik. Berdasarkan laman Kemenko PMK, pada tahun 2022, timbunan sampah nasional mencapai 21,1 juta ton. goseo.id.co.id 6 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *