Orang Kaya Tunda Beli Mobil Mewah, Ini Alasannya

banner 468x60

JAKARTA, 15 November 2023 – Pasar mobil mewah Indonesia akan melambat pada tahun 2024. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, antara lain meningkatnya ketegangan politik menjelang pemilu dan terhambatnya pertumbuhan ekonomi.

Hal itu diungkapkan Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Karianto Hardjosomarto dalam acara yang digelar Mercedes-Benz, Senin lalu.

goseo.id mengutip Otomotif yang mengatakan, “Kami melihat pasar mobil premium tahun depan pasti terkena dampak ketegangan politik, pemilu dan sejenisnya.

Berdasarkan pengalaman kami, segmen atas ini lebih sensitif terhadap geopolitik dalam situasi tegang, lanjutnya.

Carianto menjelaskan, pembeli mobil mewah biasanya memiliki mobil selain mobil pertamanya. Oleh karena itu, mereka masih bisa menunda kebutuhan untuk segera membeli model lain jika kondisinya kurang baik.

Selain faktor politik, perlambatan pertumbuhan ekonomi juga akan berdampak pada pasar mobil mewah. Carianto mengatakan, pertumbuhan ekonomi kuartal III 2023 yang berada di bawah 5% berdampak pada penurunan pesanan.

“Jika pertumbuhan ekonomi jelas terkena dampaknya, kami melihat asupan pesanan baru pada kuartal ketiga melambat dibandingkan kuartal pertama atau kedua,” ujarnya.

“Pedagang juga melaporkan bahwa pasar agak melambat pada kuartal ketiga, sehingga sebenarnya mencerminkan pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Menurut Carianto, konsumen mobil mewah saat ini masih cenderung mencari syarat-syarat yang lebih menguntungkan sebelum memutuskan membeli mobil mewah.

“Kecenderungan umumnya adalah menunggu,” katanya.

Namun, Carianto menambahkan, tren tersebut bisa berubah jika kondisi politik dan perekonomian menjadi lebih mendukung.

“Itu juga tergantung kondisinya mendukung dan pertumbuhan ekonominya positif, jadi menurut saya efeknya akan positif,” jelasnya. Resmi mendapat sertifikasi, pesawat siap dijual pada 2024 Perusahaan dirgantara Doroni Aerospace yang berbasis di Miami Jumat lalu mengumumkan bahwa pesawat listrik dua tempat duduknya Doroni H1 menerima pengenal goseo.id.co.id pada 5 Desember 2023.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *