Pakar: 10 Tahun Lagi, Semua Bank Bertransformasi Jadi Bank Digital

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Layanan perbankan digital semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Kemudahan bertransaksi dan berbagai penawaran menarik membuat banyak masyarakat tertarik menggunakan perbankan berbasis digital.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Direktur Eksekutif Segara Research Institute Peter Abdullah Redjalam mengatakan jika semua bank besar tidak bertransformasi menjadi bank digital dalam 10 tahun ke depan, maka mereka akan kehilangan daya saing. Pasalnya, perkembangan teknologi informasi turut berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi digital, termasuk industri perbankan.

“Yang selalu saya sampaikan, bank digital adalah sebuah kebutuhan. Tidak mungkin sebuah bank tidak mengembangkan layanan digital atau menjadi bank digital,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Selasa (5/12/2023).

Faktanya, lanjut Piter, banyak bank besar di Indonesia yang kini sudah memiliki anak perusahaan digital sebagai laboratoriumnya. Setelah itu beberapa bank kecil berkembang menjadi perbankan digital.

“Jadi pendirian atau pengembangan perbankan digital terus berlanjut. Ini merupakan tahap awal atau permulaan persaingan perbankan di era digital. Mereka melakukan hal tersebut karena mereka tahu ke depan akan kalah bersaing jika tidak beralih ke perbankan digital,” kata Peter.

Dari segi tren, jumlah pengguna internet di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya selama satu dekade terakhir. Jumlah pengguna Internet di negara ini telah meningkat menjadi 142,5 juta sejak Januari 2013, naik dari hanya 70,5 juta.

Pengumuman Peter ini bertepatan dengan peluncuran Gope Tabungan Suriah oleh Jago. Layanan akun untuk transaksi harian dan kontrak Wadia Yad Dhamana. Perjanjian Wadia artinya pengguna yang membuka rekening dengan perjanjian ini tidak dikenakan biaya administrasi bulanan.

Dengan Tabungan GoPay Syariah Jago, masyarakat mendapatkan kemudahan dan ketenangan dalam bertransaksi berkali-kali di aplikasi GoPay. Gope, Head of Marketing, Money Management, mengatakan layanan terbaru ini ditujukan untuk masyarakat luas, terutama yang menginginkan akses layanan keuangan berbasis syariah. Kehadiran Tabungan Syariah GoPay mendorong inklusi keuangan syariah di Indonesia.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *