Pegal-Pegal Bisa Jadi Gejala Awal Kanker Tulang, Begini Penjelasannya

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Belum lama ini, video seorang perempuan yang berbagi kisah perjuangannya melawan kanker tulang menjadi viral di media sosial. Dalam video tersebut, wanita tersebut mengatakan bahwa gejala pertama yang dia rasakan sebagai kanker tulang adalah nyeri terus-menerus di lengannya.

Seiring berjalannya waktu, intensitas rasa sakit yang dirasakannya menjadi semakin tidak wajar. Pada satu titik dia merasa lumpuh dan tidak mampu bergerak. Wanita itu kemudian didiagnosis menderita osteoporosis.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Menurut American Cancer Society (ACS), seorang pasien mengeluh nyeri atau pegal akibat tumor ganas yang tumbuh di tulang. Nyeri tulang juga dikenal sebagai gejala osteoporosis yang paling umum.

Osteoartritis pada usia muda biasanya tumbuh di sekitar lutut atau lengan atas. Namun keganasan ini bisa terjadi di daerah tulang lainnya.

Awalnya nyeri mungkin tidak terus-menerus dan mungkin bertambah parah pada malam hari, lanjut ACS, seperti dikutip Republika.co.id, Kamis (7/12/2023) melalui situs resminya.

Seiring berkembangnya penyakit, keluhan nyeri semakin meningkat. Rasa sakitnya bisa terasa lebih kuat saat pasien bergerak. Lebih jarang, jika tumor ganas menginfeksi tulang kaki, pasien akan mengalami kesulitan berjalan.

Gejala umum osteoporosis lainnya adalah pembengkakan. Pembengkakan ini dapat menyebabkan tumbuhnya tumor ganas di area tulang. Terkadang, tumor bisa teraba saat disentuh.

Sayangnya, kaki pegal atau nyeri dan bengkak merupakan keluhan umum. Keluhan ini bisa terjadi pada berbagai kondisi selain kanker. Selain itu, anak-anak dan remaja yang aktif sering mengeluhkan rasa pegal dan nyeri pada kaki akibat beraktivitas.

Oleh karena itu, gejala nyeri atau nyeri dan bengkak mungkin bisa diabaikan ketika menderita osteoporosis. Adanya gejala-gejala tersebut diawasi langsung oleh dokter, sehingga berpotensi menunda diagnosis kanker tulang.

“Jika anak Anda mengalami gejala-gejala ini dan tidak kunjung membaik selama beberapa minggu, atau bahkan memburuk, segera temui dokter agar penyebabnya dapat ditentukan dan diobati, jika perlu,” kata ACS.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) telah mengusulkan hal yang sama. Pada penderita kanker tulang, keluhan nyeri atau pegal pada tulang biasanya diawali dengan rasa nyeri saat menyentuh area tulang yang terkena kanker.

Seiring waktu, rasa sakitnya mungkin menjadi lebih persisten. Lebih jarang, nyeri terjadi saat istirahat di malam hari.

Karena gejalanya yang sangat umum, gejala kanker tulang terkadang disalahartikan dengan gejala radang sendi pada orang dewasa. Sedangkan gejala nyeri kanker tulang pada anak dan remaja berhubungan dengan keluhan umum pada anak dan remaja.

NHS juga menyoroti beberapa gejala kanker tulang lainnya yang umum namun patut diwaspadai. Gejala-gejala ini termasuk demam tinggi, penurunan berat badan tanpa sebab, dan keringat malam tanpa sebab.

NHS mendesak masyarakat untuk mencari nasihat dari dokter umum jika mereka mengeluh nyeri tulang tidak kunjung hilang atau semakin parah. Semakin dini kanker tulang terdeteksi dan diobati, semakin besar peluang kesembuhannya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *