Pemilik WhatsApp Channel di iOS Kini Bisa Tambah Admin Baru

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – WhatsApp merilis fitur baru yang memungkinkan pemilik saluran mengundang pemimpin baru.

Fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang telah menginstal WhatsApp versi beta terbaru untuk iOS melalui aplikasi TestFlight.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Peningkatan ini dirancang untuk memberikan kontrol yang lebih baik dan kemampuan representasi yang lebih baik kepada pemilik saluran WhatsApp. Demikian dilansir News18, Senin (12/04/2023).

Pemilik saluran dapat melihat fitur “Undang Admin” di layar berita saluran. Dengan mengklik opsi ini, mereka dapat memilih kontak yang mereka inginkan untuk menjadi pengelola saluran. Jumlah undangan maksimal 15 orang.

Menurut laporan WABetaInfo, mereka yang terpilih sebagai administrator baru akan menerima undangan, sehingga mendapatkan akses ke saluran kontrol.

Setelah menerima undangan untuk menjadi pengelola saluran WhatsApp, mereka akan dapat mengubah konten saluran tersebut, termasuk nama, ikon, dan deskripsi.

Selain itu, administrator saluran baru juga akan dapat mengubah pengaturan saluran dan mengontrol emoji yang diizinkan untuk membalas di saluran.

Namun, hal ini mencakup lebih dari sekedar manajemen. Admin baru juga dapat membuat dan berbagi konten, serta mengelola pembaruan pada konten yang ada di saluran, baik itu milik mereka sendiri atau admin lain, dengan mengedit atau menghapus.

Namun ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh admin seperti tidak bisa menambah atau menghapus admin lain dan tidak bisa menghapus semua channel.

“Kami percaya bahwa pengendalian ini memberikan pendekatan yang seimbang dengan mendukung manajemen terpadu sambil menjaga perlindungan penting bagi saluran-saluran ini,” kata WBetaInfo.

Sebelumnya juga diberitakan bahwa WhatsApp sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pemilik saluran meminta peninjauan (takedown) jika salurannya ditangguhkan.

Tujuan dari fitur baru ini adalah untuk menyediakan mekanisme bagi pemilik saluran untuk menyelesaikan perselisihan atau kesalahpahaman yang berujung pada penangguhan. Demikian dilansir News18, Jumat (24 November 2023).

“Berkat pembaruan beta terbaru WhatsApp untuk Android 2.23.25.9, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan saluran baru untuk penangguhan,” lapor WABetaaInfo.

Dengan adanya review channel WhatsApp ini dapat menciptakan rasa keadilan bagi pemilik channel dan mengurangi legalitas atau suspensi.

Perlu diingat bahwa pemeriksaan otomatis sering kali mengikuti proses atau proses yang telah ditentukan sebelumnya untuk mematuhi aturan platform.

Namun, meskipun algoritma ini efektif, algoritma ini mungkin tidak sempurna dan dapat menyebabkan kesalahan. Jadi, fitur ini diperkenalkan agar pemilik saluran dapat meminta agar salurannya dihapus.

“Mengizinkan pemilik saluran untuk meminta peninjauan manual memberikan peluang untuk memperbaiki keputusan yang salah atau salah dan memastikan bahwa saluran yang dihapus akan diaktifkan kembali secara permanen,” kata WBetaInfo dalam laporannya.

Selain itu, WhatsApp dikabarkan sedang mengerjakan fitur untuk membuat nama pengguna atau username di saluran WhatsApp. Menurut laporan News18, Senin (13/11/2023), fitur tersebut akan tersedia pada pembaruan aplikasi mendatang.

“Berkat pembaruan beta WhatsApp versi 2.23.24.17 untuk Android yang tersedia di Google Play Store, kami melihat WhatsApp sedang mengerjakan fitur untuk mengaitkan nama pengguna dengan saluran,” tulis WBetaInfo.

Menurut laporan tersebut, aplikasi milik Meta berfungsi untuk memberikan dukungan bagi saluran tersebut. Artinya beberapa saluran bisa dibuka menggunakan nama pengguna pemiliknya.

Pembaruan ini mencakup fitur tambahan untuk saluran, seperti tautan saluran yang dipersonalisasi berdasarkan nama pengguna saat ini.

Hal ini akan memudahkan pemilik saluran dan pelanggan untuk berbagi dan menemukan saluran favorit mereka. Pengguna dapat berbagi informasi dengan cara serupa tanpa harus menyediakan koneksi yang rumit.

Selain itu, saluran dapat diidentifikasi lebih mudah dengan nama pengguna yang unik. “Kami rasa ini berguna bagi orang-orang yang ingin menciptakan identitas berbeda dan membuat saluran mereka lebih mudah diakses,” kata WBetaInfo.

Selain itu, WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fungsi baru yang merupakan kode rahasia percakapan. Fitur tersebut merupakan lanjutan dari fitur pemblokiran chat yang diumumkan perusahaan pada awal tahun ini.

Kehadirannya diumumkan sendiri oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dengan fitur baru ini, pengguna WhatsApp bisa menyembunyikan percakapan pribadi, seperti disebutkan dalam Gadgets 360, Minggu (12/03/2023).

Dengan demikian, pesan yang berisi percakapan rahasia atau pribadi bisa tetap aman meski ponsel pengguna tidak digunakan. Kode rahasianya bisa berupa kalimat atau kata.

Percakapan yang disembunyikan dengan kata sandi rahasia tidak akan muncul di daftar utama. Akses ke percakapan hanya dimungkinkan setelah memasukkan kata sandi di aplikasi WhatsApp.

Untuk mengakses fitur ini, pengguna dapat membuka menu interaktif. Lalu tap titik tiga di pojok kanan atas.

Lalu, pilih Obrolan yang diblokir > Aktifkan Sembunyikan obrolan yang diblokir > Masukkan kode rahasia. Setelah ini, obrolan yang diblokir tidak akan muncul di halaman obrolan utama.

Meski sudah mulai diluncurkan, kemungkinan fitur kode sandi baru akan tersedia di seluruh dunia hingga beberapa bulan ke depan. Selain itu, belum ada kabar apakah hal ini akan terjadi di WhatsApp untuk desktop.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *