Pengamat Inggris: Timnas Indonesia Layak Jadi Tim Papan Atas Piala Asia 2023

banner 468x60

HANOI – Pakar Inggris Steve Darby memberikan prediksinya untuk pertandingan Grup D Piala Asia 2023. Menurutnya, Timnas Indonesia harusnya menjadi tim unggulan pada ajang yang berlangsung di Qatar nanti.

Piala Asia 2023 akan dimulai pada 12 Januari 2023. Laga Qatar kontra Lebanon di Grup A bakal menjadi kartu pembuka turnamen paling kondang di Benua Kuning itu.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Timnas Indonesia akan masuk kategori berat. Pasalnya, grup Garuda satu grup dengan dua grup besar, Irak dan Jepang, serta rival Asia Tenggara yakni Vietnam.

Darby kemudian memberikan prediksinya untuk kelanjutan babak kualifikasi Grup D Piala 2023. Mantan pelatih Timnas Laos itu tak memungkiri, memprediksi laga kualifikasi Piala Asia 2023 bukanlah perkara mudah.

“Kami harus menyadari bahwa Jepang akan menjadi tim terbaik di grup. “Baik Irak maupun Indonesia akan sulit diprediksi,” kata Darby seperti dilansir The Thao 247, Selasa (6/12/2023).

Meski demikian, Darby memperkirakan timnas Indonesia bisa saja terkejut. Menurutnya, tim besutan Shin Tae-yong seharusnya bisa menjadi tim utama di Piala Asia 2023.

“Mereka punya pemain bagus, tapi Irak mungkin belum siap dan Indonesia bisa mengambil banyak hal selain sepak bola,” tambah Darby.

“Indonesia punya orang-orang bagus dan pemain bagus, jadi mereka pantas menjadi salah satu tim papan atas di Asia,” lanjut pemain Liverpool itu.

Darby memperkirakan Jepang akan menjadi pemuncak grup, disusul Vietnam di peringkat kedua. Sedangkan tiket ke babak gugur akan ditentukan melalui babak ketiga terbaik bersama Irak dan timnas Indonesia.

“Vietnam mungkin berada di urutan kedua grup, tapi itu sangat bergantung pada persiapan dan dukungan VFF (PSSI-nya Vietnam) di masa lalu,” kata pria berusia 68 tahun itu.

“VFF telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Coach Park (Hang-seo) dan kami berharap hal itu terus berlanjut. Namun, Timnas Vietnam di Piala Asia adalah grup yang sulit,” tutupnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *