Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, Pastikan OS Selalu Update

banner 468x60

Ponsel bunuh diri karena banyak faktor. Sebelum Anda memutuskan untuk membawa ponsel ke kantor, cari tahu dulu alasannya.

Jika Anda menggunakan power bank secara rutin, pastikan Anda menggunakan produk yang andal dan asli. Juga aksesoris ponsel seperti charger dan kabel data. Pastikan tidak ada masalah, asli dan mendukung ponsel yang Anda miliki.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Berikut beberapa penyebab HP selalu mati dan cara mengatasinya.

Alasan HP Mati Sendiri 1. HP sudah tua

Usia ponsel menjadi salah satu penyebab ponsel sering mati dengan sendirinya. Umumnya sebuah ponsel berumur lima tahun. Namun, beberapa ponsel bisa bertahan hingga 10 tahun tergantung penggunaan dan perawatannya. Tanda-tanda bahwa ponsel Anda sudah tua mungkin termasuk layar berkedip, aplikasi sering mogok, baterai cepat habis, atau kinerja lambat.

2. Panas

Penyebab hp menyala sendiri mungkin karena terlalu panasnya chip CPU dan GPU. Kedua chip ini bisa dikatakan menjadi ‘otak’ ponsel sehingga mampu mengendalikan berbagai aplikasi. Jika CPU ponsel dipaksa bekerja terlalu keras, bahkan dalam waktu lama, akan membuat fungsi ponsel rentan mati.

3. Cache penulisan

Cache yang jarang dibersihkan berdampak besar terhadap kinerja ponsel. File cache merupakan file sampah di ponsel yang biasanya dibiarkan begitu saja hingga dimuat. Semakin sering Anda menggunakan ponsel, maka cache akan semakin besar. Akibatnya perangkat sering crash saat digunakan.

4. Baterai rusak

Baterai merupakan salah satu bagian terpenting pada sebuah ponsel. Jika kinerja baterai tidak maksimal, hal ini dapat menyebabkan perangkat mati sendiri. Selain itu, baterai ponsel yang rusak ditandai dengan transfer yang cepat, bahkan dalam waktu kurang dari sehari, meski terisi hingga 90 persen.

5. Kesalahan teknis

Kesalahan sistem operasi atau operating system (OS) menjadi salah satu penyebab ponsel berubah-ubah. Keadaan ini disebabkan oleh pengaruh sistem operasi pada ponsel yang sudah lama atau belum diperbarui. Kerusakan atau kesalahan pada sistem lain bisa disebabkan oleh bug dan virus.

6. Firmwarenya banyak bug

Bug pada firmware sangat berbahaya bagi kinerja ponsel. Selain sering mati, ponsel Anda juga akan lemot. Tak hanya itu, sistem operasi ponsel menjadi tidak stabil sehingga baterai cepat terkuras.

7. Anda lupa mematikan otomatis Penyebab ponsel Anda mati sendiri mungkin karena Anda lupa mematikan perangkat otomatis. Jadi silakan periksa kembali pengaturan ponsel Anda apakah pengaturan on/off diaktifkan atau tidak. Jika sudah berjalan, Anda dapat langsung menonaktifkannya.

Cara mengatasi hp bunuh diri

Jika semua penyebabnya diketahui secara pasti, Anda bisa segera mengambil tindakan. Anda dapat memperbaikinya sendiri atau langsung menghubungi service center HP. Jika ponsel Anda mati dengan sendirinya, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah me-restart ponsel Anda. Cara ini merupakan cara termudah untuk memperbaiki hp rusak.

Reboot merupakan pembaruan sistem agar kinerja ponsel dapat ditingkatkan. Saat Anda me-restart ponsel Anda, semua file sampah yang tidak terpakai akan terhapus, membuat sistem ponsel Anda segar kembali untuk penggunaan optimal.

Cara lainnya adalah dengan mereset ponsel ke pengaturan pabrik. Sayangnya, proses reset ini akan menghapus semua data Anda di ponsel termasuk aplikasi, file foto, video, dan kontak yang tersimpan di ponsel. Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, alternatifnya adalah menghubungi layanan pelanggan sesuai merek ponsel yang digunakan.

Penyebab Ponsel Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya. Dapatkan berbagai aksesoris HP berkualitas dan asli hanya di AladinMall. Nikmati diskon hingga 93% dan gratis ongkos kirim sepuasnya ke seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan iklan belanja murah lainnya, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *