Peringatan Dini BMKG: Sejumlah Daerah Diguyur Hujan Lebat Hari Ini, Ada Kota Anda?

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Badan Meteorologi, Meteorologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan banyak wilayah di 16 provinsi di Indonesia yang berpotensi terdampak hujan lebat pada Kamis (12/07/2023).

Angin permukaan di Indonesia bagian utara sebagian besar didominasi oleh angin barat laut, sedangkan di daratan Indonesia didominasi angin timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 5 hingga 40 kilometer per jam, kata Prakiraan Cuaca BMKG Effa Septiani. , penyampaian informasi prakiraan cuaca virtual diikuti secara online di Jakarta.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ia mengatakan, situasi ini berdampak pada kemungkinan terjadinya hujan lebat di banyak wilayah Ashi, antara lain Subulsalam, Ashi Selatan, Gyulu, Ashi Barat Daya, Ashi Timur Laut, Ashi Timur, dan Ashi Tenggara.

Peringatan hujan lebat juga mungkin terjadi di Sumut, yakni Kota Medan, Deli Serdang, Tapanoli Tengah, dan Longkat. Situasi serupa diperkirakan juga akan terjadi di Sumbar, khususnya Kepulauan Mentawai, Pasir Selatan, Sulawesi Selatan, Dharmasriya, dan Kota Padang.

Masyarakat di wilayah Bengkulu juga harus mewaspadai kemungkinan hujan lebat yang bisa melanda Bengkulu Utara dan Makumuku. Selain itu di Kepri juga berdampak pada Kota Batam dan Karimun.

Diprakirakan juga akan terjadi di beberapa wilayah di wilayah Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Bandung Barat, Sabang, Purwakarta, Majalengka, dan Surbon.

Kemudian di wilayah Jawa Tengah, hujan lebat berpotensi terjadi di Jepara, Pasi, Tegal, Berbisa, Pororo, Kudus, Damak, Wonosobo, Keboman, dan Benjam.

Situasi serupa juga mungkin terjadi di Jawa Timur, khususnya di Malang dan Probolingo. Hujan lebat di Provinsi Bintan mungkin berdampak pada Labak.

Wilayah Kalimantan Barat meliputi Kota Raya, Kota Pontianak, Mampawa, Kapuas Hulu, Santang, Sambas, Kota Singkaang, Bengkiang, Sangao dan Landak.

Status peringatan hujan lebat juga berlaku di Clements tengah, khususnya Murang Raya. Di Kalimantan Timur, hujan lebat diperkirakan terjadi di Kota Timur, Mahakam Hulu, Kota Barat, Kota Kirtanegara, dan Kota Samarinda.

Hujan lebat juga diperkirakan akan melanda Kalimantan Utara, khususnya Malinau. Sulawesi Barat antara Mamojo dan Mamojo.

Di wilayah timur Indonesia, hujan lebat diperkirakan akan melanda Papua Barat, khususnya Manukuri Selatan dan Falk Falk. Selain itu di Papua juga terjadi di Tolikaru, Mumbramo Tengah, Jayawijaya, Yahukimo, Mimika, Asmat, Nduga, Boven Digoel, Pegunungan Bintang, Yalimo dan Puncak Jaya.

Angin kencang juga harus kita waspadai di banyak wilayah Indonesia seperti Aceh, Sumatera, Kepulauan Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan, ujarnya. .

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *