Perlu Diketahui, Hukum dan Syarat Patungan Sapi untuk Kurban Idul Adha

banner 468x60

Jakarta, goseo.id Edukasi – Menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, masyarakat Indonesia kerap melakukan usaha patungan untuk membeli sapi, hal ini dikarenakan harga hewan ternak yang cukup tinggi sehingga sebagian besar masyarakat tidak mampu membelinya sendiri.

Berdasarkan pemberitaan laman Nahdlatul Ulama, Senin 5 Juni 2023, kurban bisa dilakukan secara berjamaah. Namun syaratnya, hewan kurbannya adalah seekor sapi dengan jumlah orang yang berkumpul maksimal tujuh orang.

Usaha patungan untuk kurban kambing berdasarkan persyaratan Islam tidak diperbolehkan. Begitu pula dengan kurban bersama sapi kurban yang dilakukan lebih dari 7 orang, tidak diperkenankan.

Jika lebih besar, maka yang dikorbankan hanyalah daging yang halal untuk dimakan, tetapi tanpa pahala kurban, karena syaratnya tidak terpenuhi.

Alasan mengapa unta, sapi, dan kerbau boleh dikurbankan untuk tujuh orang adalah karena hewan tersebut mempunyai nilai yang sama dengan tujuh ekor kambing atau domba.

Hal ini tentunya mempunyai dasar yang kuat dalam hadis Rasulullah SAW yang tercatat dalam Al-Mustadrak karya Al-Hakim, kata Ibnu Abbas:

“Suatu ketika kami sedang melakukan perjalanan bersama Rasulullah SAW, kebetulan di tengah perjalanan tibalah hari raya Idul Adha (yaumun nahr). “Kami akhirnya membeli tujuh ekor sapi untuk dikurbankan.” (HR Al-Hakim).

Alasan diperbolehkannya kurban sapi bersama 7 orang juga diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdullah.

“Kami pernah ikut Tamatu Haji (mendahulukan umrah daripada haji) bersama Rasulullah SAW, kemudian kami menyembelih seekor sapi secara patungan tujuh orang.” (HR Muslim).

Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa kurban sapi, kerbau, atau unta dapat dilakukan bersama-sama dengan tujuh orang. Sedangkan kambing atau domba hanya boleh untuk satu orang, tidak bisa dibagi jika niatnya adalah kurban. Pencurian kambing merupakan cara membuang jeroan yang umum dilakukan di Depok, berikut kesaksian mengerikan warga Warga yang juga pemilik kambing kaget karena hewan ternaknya tidak mengeluarkan suara saat pelaku menyembelihnya di dalam kandang. goseo.id.co.id 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *