Perubahan Iklim Tekan Produksi Pangan, Mahfud MD: Petani Rugi karena Pupuk Subsidi Dipersulit

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 3 Mahfud MD mengungkap permasalahan produksi pangan yang terancam akibat krisis iklim global. Menurut dia, ada sejumlah permasalahan di lapangan.

Salah satu hal yang menonjol adalah terkait berkurangnya lahan pertanian di Indonesia. Tak hanya itu, ternyata hal ini juga seiring dengan terus menurunnya jumlah petani.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Iya ini salah satu permasalahannya, yang sering kita dengar lahan semakin berkurang, petani semakin berkurang,” kata Mahfud MD pada Debat Cawapres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) .

Mahfud mengatakan negara ini kembali menghadapi tantangan lain. Dimana tidak ada pembaharuan petani. Pasalnya, kata dia, menjadi petani sering kali menimbulkan kerugian. Selain itu, akses terhadap pupuk bersubsidi seringkali sulit bagi petani.

Kalaupun ada akses terhadap pupuk bersubsidi, proses pengadaannya harus melalui perantara atau pihak tertentu. “Masyarakat sudah tidak mau jadi petani lagi karena justru rugi. Kadang kalau mau dapat pupuk bersubsidi susah luar biasa dan harus beli ke tengkulak, beli ke tengkulak,” tegasnya.

“Nah, pertanyaan sebenarnya di sini adalah bagaimana menegakkan aturan tersebut,” lanjut Mahfud MD.

Sebelumnya, proses debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 berlanjut pada Minggu (24/1/2024).

Debat capres dan cawapres masuk ke dalam debat keempat atau debat cawapres kedua. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan topik debat keempat yaitu energi dan sumber daya alam, pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, pangan, pertanian, masyarakat adat dan masyarakat.

Tiga calon, Mahfud MD, Gibran Rakabuming Raka, dan Muhaimin Iskandar akan memaparkan visi dan misinya pada debat cawapres kedua. Demikian dikutip dari kanal perdagangan Liputan6.com.

KPU telah memutuskan tempat debat pemilihan presiden (Pilpres) sesi keempat 2024. Debat Pilpres calon Cawapres kembali digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Yang jelas debat keempat yang akan dilaksanakan pada 21 Januari nanti akan dilaksanakan di JCC. Jadi kalau melihat pengalaman di JCC, selain dari aksesibilitasnya, kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan JCC. Kantor KPU, Jakarta, Senin 15 Januari 2024.

“Kemudian secara teknis tim penyelenggara debat juga bisa banyak membantu, dan juga tim kandidat sudah sangat familiar dengan tempatnya,” imbuhnya.

Jelang debat Cawapres yang membahas isu pangan, Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual berharap ketiga Cawapres dapat menguraikan strategi yang berbeda, antara lain peningkatan produksi pangan, stabilisasi harga pangan, dan peningkatan kesejahteraan petani atau nilai tukar mata uang. .

Ia meyakini, dalam debat ini juga bisa diketahui bagaimana sikap Wapres terhadap serbuan impor berbagai jenis pangan. David berpendapat bahwa peningkatan produktivitas pangan belum menjadi kekhawatiran.

“Contoh strategi menghadapi kenaikan harga pangan adalah melalui impor saja. Cara meningkatkan produktivitas tidak menjadi masalah, kata David saat dihubungi Liputan6.com melalui pesan singkat, Minggu, 21 Januari 2024.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *