PPI Siap Jamin Proyek Infrastruktur IKN Nusantara

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) atau PT PII siap menanggung berbagai proyek infrastruktur yang sedang dikembangkan di ibu kota negara nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Kebanyakan Jaminan ini merupakan salah satu syarat yang dibutuhkan investor swasta atau asing jika ingin membangun proyek yang digagas pemerintah.

“Belum selesai, tapi pembahasan sudah dimulai,” kata Direktur Utama PT PII Muhammad Wahid Sutopo dalam jumpa pers di Gedung DJKN, Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Bahkan, PT PII menyiapkan skema penjaminan untuk skema tersebut di IKN. Setelah itu, rencana asuransi harta benda IKN akan dikelola oleh pengelola keuangan tersendiri (PMK).

“IKN (untuk asuransi) sekarang sudah menyiapkan asuransi. IKN punya strateginya sendiri, PMK,” jelasnya.

PT PII sendiri tidak menjamin seluruh infrastruktur di IKN. Namun PT PII akan membuka investor untuk ikut berinvestasi di IKN.

“Memang tidak semua proyek infrastruktur kita tercakup dalam peraturan pemerintah. Namun jika perlu ada pengakuan, dilakukan pembahasan dan persiapan,” pungkas Sutopo.

Mantan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menepis anggapan investor asing enggan berinvestasi di Ibu Kota Negara Indonesia (IKN).

Ia mengatakan banyak perusahaan dari negara-negara Timur Tengah dan Asia Tengah yang berencana menanamkan modalnya di IKN. Rencananya mereka masuk setelah perayaan pada 17 Agustus 2024.

“Mereka dari Uni Emirat Arab, China, dan Korea. Setelah putaran pertama, putaran kedua akan dilaksanakan setelah upacara 17 Agustus. Namun, wilayahnya sudah dibersihkan,” ujarnya.

Berdasarkan laporan Otoritas IKN, hingga November 2023, minat investasi di IKN telah menerbitkan 305 Surat Kuasa/LoI, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada 21 investor yang patah dengan nilai investasi Rp 35 triliun.

Koresponden: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Ganjar Pranowo, calon presiden nomor urut 3, mengatakan banyak investor yang ingin menanamkan modalnya di Ibu Kota Negara (IKN) kepulauan tersebut. Hal itu terungkap pada Kamis (7/12/2023) saat Ganjar Pranowo berkunjung ke IKN.

Ganjar mengatakan pihaknya banyak menerima panggilan dari investor yang ingin berinvestasi di IKN.

“Iya sudah banyak investor yang mulai, teman-teman Tanah Air telepon tim kita, ada diskusi dengan tim kita,” kata Ganjar kepada wartawan.

Meski demikian, Ganjar mengaku investor masih enggan berinvestasi di IKN. Menurut dia, para investor tersebut masih menunggu hasil pemilu 2024.

“Saya lihat investor tinggal menunggu cuaca terkendali. Ya sudah, jadi kita tunggu dan awasi,” ujarnya.

Ganjar mengatakan investor perlu memilih bergabung dengan IKN pasca pemilu. Karena mereka menginginkan hukum.

“Ini persoalan besar. Jadi kalau kita bersama Pak Mahfud, Insya Allah beliau akan menjadi kekuatan untuk membangun Indonesia. Karena pemberantasan korupsi, hukum dan administrasi itu sama,” kata Ganjar.

Ganjar Pranowo menyatakan akan terus melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara jika terpilih menjadi presiden. Ganjar pun memastikan akan menata ulang pengaturan keuangan IKN.

Dia mengatakan, Anggaran Perbendaharaan dan Belanja Negara atau APBN sebaiknya digunakan untuk pembangunan rumah presiden dan gedung pemerintahan. Karena itu, ujungnya menjadi milik negara, kata Ganjar.

Kata Ganjar saat berkunjung ke IKN, Kamis (7/12/2023).

Kedua, lanjut Ganjar melalui Kemitraan Pemerintah-Serikat Pengusaha (KPBU). Dalam mendirikan IKN; Layanan KPBU ini memberikan insentif kepada investor, Kesederhanaan dan keakuratan terjamin.

Ganjar mengatakan, “Model joint venture bisa kita tawarkan kepada masyarakat, makanya kita harus mengundang mereka dan ini tentang motivasi, cerita kesederhanaan, cerita kebenarannya,” kata Ganjar.

Ganjar mengatakan IKN adalah peradaban manusia yang modern dan progresif; kerja sama; ekonomi hijau; industri kreatif; Ini adalah kisah masa depan Indonesia, tentang ekonomi digital dan masa depan anak-anak. Oleh karena itu, inilah implementasi reformasi regional Indonesia.

“Saya berharap prinsip pengharapan dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bersama-sama mencapai IKN ini,” ujarnya.

Ganjar mengatakan, pembahasan mengenai ibu kota pulau tersebut akan sangat panjang. Oleh karena itu, negosiasi dengan mantan presiden, termasuk Joko Widodo, akan terus berlanjut.

Ganjar mengungkapkan dirinya dekat dengan Jokowi dan sering bertukar pikiran tentang IKN.

“Dia punya fokus khusus. Jadi saya tidak bermaksud memahami sedikit pun apa yang dia katakan,” ujarnya.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *