PPM Gelar Konferensi Nasional Riset Manajemen Fokus Ekonomi Sirkular

banner 468x60

JAKARTA – Ekonomi sirkular menjadi pilihan yang menjanjikan untuk menjaga kelestarian ekonomi dan lingkungan. Dalam ekonomi sirkular, sumber daya hanya digunakan satu kali dan tidak dibuang begitu saja, namun digunakan secara berkelanjutan.

Pendekatan ini mengutamakan efisiensi penggunaan sumber daya, pengurangan limbah, emisi dan pemborosan energi serta memperpanjang umur produk.

Sebagaimana dijelaskan dalam laporan yang dikeluarkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas pada Januari 2021, ekonomi sirkular telah memberikan dampak positif yang signifikan terhadap perekonomian, lingkungan, dan masyarakat di Indonesia.

Aspek penting dari ekonomi sirkular adalah inovasi dan kerja sama antar sektor. Pendekatan ini mendorong dunia usaha, pemerintah dan masyarakat untuk bekerja sama tidak hanya memberikan manfaat bagi dunia usaha namun juga melindungi lingkungan.

PPM Sekolah Tinggi Manajemen Universitas Katolik Sojijapranata bekerja sama dengan Universitas Prasetia Mulya dan Universitas Vidya Mandala Surabaya serta 19 jurnal nasional yang diakui dan terindeks SINTA menyelenggarakan Konferensi Riset Manajemen Nasional ke-12 pada tanggal 3-5 Oktober 2023 di Kampus UNIKA pada tanggal 3-5 Oktober 2023 telah selesai . Secara hybrid di Semarang.

Tema Konferensi Riset Manajemen Nasional ke-12 tahun ini, yaitu “Optimalisasi Ekonomi Sirkular sebagai Langkah Menuju Transformasi Ekonomi Berkelanjutan”, mencerminkan pentingnya pendekatan ini dalam konteks perekonomian masa depan.

Konferensi ini merupakan forum bagi para manajer dan akademisi untuk bertemu, berbagi temuan dan mendiskusikan pengetahuan terkini dalam ilmu manajemen. Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk mendengarkan pembicara antara lain Arnita Rishant dari Institut Bank Indonesia dan Denok Marti Astuti, Presiden Komunitas Kerja Nyata Tepi Barat Solo Raya.

Dengan mengadopsi pendekatan ekonomi sirkular, kita dapat membantu menciptakan masa depan yang berkelanjutan dimana perekonomian, lingkungan dan masyarakat dapat berkembang secara harmonis.

Melalui kolaborasi dan inovasi, kita dapat menciptakan solusi berkelanjutan terhadap tantangan ekonomi dan lingkungan yang dihadapi Indonesia dan dunia. Sebagai generasi yang bertanggung jawab terhadap Bumi, kita mempunyai peran penting dalam mewujudkan visi ini.

Direktur PPM Management College Arcadius Conrad Mahendra K Datu mengatakan dalam keterangan resmi, Rabu, 4 Oktober 2023 seperti dikutip goseo.id Edukasi, “Adaptasi ekonomi sirkular merupakan langkah penting menuju pencapaian transformasi ekonomi berkelanjutan. Terkait berita investasi TikTok, Tokopedia, Menteri Bahlil mengatakan TikTok akan bekerja sama dengan Goto atau Gojek Tokopedia untuk kembali beroperasi di Indonesia.goseo.id.co.id 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *