Ratusan Ribu Anak Muda Hadiri Festival 76 Indonesia Adalah Kita Rayakan Sumpah Pemuda

banner 468x60

SURABAYA – Festival Indonesia Is Us (IAK) 76 2023 sukses digelar bersama enam kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada Sabtu, 28 Oktober 2023, siang hingga malam hari. Lebih dari 100.000 anak muda menghadiri dan mendukung festival yang diadakan dalam rangka Hari Pemuda, 28 Oktober 2023.

Festival IAK 2023 diselenggarakan oleh anggota muda Grup 76 Heppiii, sebuah organisasi komunitas kreatif muda di Indonesia. Acara ini dilaksanakan di Alun-alun Kota Madiun, kemudian di parkiran GOR Untung Suropati Pasuruan, dan selanjutnya di parkiran depan Transmart Sidoarjo.

Di Jawa Tengah pusat acaranya di Purwokerto Menara Pandang Teratai, lalu di Semarang di Sam Poo Kong dan di Solo di Pamedan Pura Mangkunegaran.

Selain di kota-kota tersebut, acara startup kreatif anak muda juga diadakan di kota Malang, Jombang, dan Surabaya. Setelah itu, aksi memuncak di Madiun, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Begitu pula di Jawa Tengah, aksi pendahuluan juga dilakukan di berbagai kota seperti Kebumen, Salatiga, dan Yogyakarta, serta berakhir di Solo, Semarang, dan Purwokerto.

Pemilihan kota-kota tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan generasi muda perkotaan untuk kembali berperan besar dalam berbagai kegiatan.

Koordinator Komunitas 76 Heppiii Ronald Theo Lesmana bersyukur Festival IAK 2023 berjalan lancar dan sukses. Ia mengucapkan terima kasih kepada kelompok pemuda, pemerintah daerah, dan aparat keamanan.

Dijelaskannya, acara ini merupakan wadah penelitian bagi generasi muda perkotaan, seperti mural, BMX, skateboard, street dance, baju, barber, stand up comedy, dan kegiatan-kegiatan yang baik.

“Keterampilan generasi muda di perkotaan bisa diterima dan disebarkan dengan sangat baik, UMKM lokal juga mendapat wadah untuk memamerkan usahanya dan meningkatkan penjualan,” jelasnya, Minggu (29/10) melalui media.

Para generasi muda dan komunitas yang hadir dalam acara ini pun mengaku sangat senang dan bangga telah mengikuti acara yang bertemakan: STOP THE FOOLS, GET PROFITS, STOP THE MIRACLES, WORK BE.

Agung Adi dari komunitas BMX Semarang mengatakan, dirinya dan rekan-rekannya senang dan bangga bisa diajak mengikuti IAK Festival. Selain bisa menampilkan atraksi yang berbeda, Agung mengaku senang bisa bertemu dengan para pecinta sepeda BMX dari berbagai kota.

“Senang rasanya bisa mengumpulkan teman-teman penghobi BMX dari berbagai kota, ada yang dari kota Salatiga bahkan Yogyakarta. “Acara ini menjadi wadah kreativitas anak muda,” kata Agung.

Festival IAK enam kota 2023 dipenuhi artis lokal dan bintang tamu nasional seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Jenis X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band. Selain itu, FSTVLST, Rebellion Rose, Arlida Putri, Lala Widy, Jihan Audy, Klantink dan masih banyak lagi tayangan di kota itu yang juga hot.

Aktor tamu Anji pun mengapresiasi kegiatan Indonesia Is Us Festival ke-76 di Pasuruan, dan mengajak generasi muda untuk terus menampilkan karya-karyanya.

“Makanya jangan terlalu sombong dalam melakukan sesuatu. Anak muda harus kreatif, fokus pada pekerjaannya. Jangan memikirkan perkataan orang lain (negatif), karena kadang orang lain tidak berpikir ketika berkata (negatif) sekali.” Sekali lagi terima kasih kepada penyelenggara Festival 76 “Indonesia milik kita,” ujarnya menyambut ribuan anak muda yang datang ke Pasuruan.

Begitu pula artis-artis yang hadir di enam kota seperti Superman is Dead (SID), NTRL, Jenis X, Shaggydog, Anji, Endank Soekamti, Kangen Band sangat menikmati acara akbar para kreator muda ini.

Para seniman acara ini juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara Indonesia Is Our 76th Festival 2023 yang telah membangkitkan semangat generasi muda di kalangan puluhan ribu generasi muda yang datang ke berbagai kota di Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Kita akan bertemu kembali di Indonesia Is Us Festival ke-76 2024,” kata panitia acara yang menutup IAK Festival 2023. Gibran Rakabuming: Keahlian pemuda Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka mengatakan pemerintah harus hadir dan mendukung kreativitas pemuda Indonesia goseo.id.co.id 7 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *