Riwayat Pendidikan Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik UGM Panelis Debat Perdana Pilpres 2024

banner 468x60

Yogyakarta – Inilah catatan akademis pakar ilmu politik UGM, Mada Sukmajat, yang terpilih menjadi salah satu peserta debat capres perdana tahun 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah mengumumkan 11 nama pemimpin gelombang pertama. . Debat Capres dan Cawapres 2024. Diketahui, debat pertama akan berlangsung di kantor. KPU RI Selasa (12/12/2023), 19:00 WIB.

Salah satu dari 11 direktur tersebut merupakan pakar ilmu politik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Siapakah yang pantas untuk Mada Sukmajati? Artikel ini menceritakan tentang pendidikan Mada Sukmajati, simak!

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Pakar Sejarah Akademik Ilmu Politik UGM, Mada Sukmajati

Dari laman resmi UGM, Mada Sukmajat merupakan pria kelahiran Madiun, 25 April 1976. Beliau merupakan dosen tetap dan direktur program studi Politik dan Pemerintahan UGM di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fissipol).

Ibu merupakan lulusan Departemen Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM pada tahun 1999. Beliau kemudian memperoleh gelar master di bidang kebijakan publik dari National Graduate Institute of Policy Studies di Tokyo, Jepang pada tahun 2004. Pada tahun 2011, ia melanjutkan studi PhD di Universitas Heidelberg. di Jerman.

Mada bekerja di berbagai jenis penelitian umum dan bekerja sama dengan pihak eksternal. Minat akademisnya meliputi partai politik, manajemen pemilu, parlemen dan kebijakan publik. Ia menuangkan pemikiran dan kreativitasnya dalam bentuk majalah dan buku.

Buku-bukunya antara lain Politik Uang di Indonesia: Pola Patronase dan Jaringan Klientelisme pada Pemilu Legislatif 2014; “Korupsi Politik: Konsep dan Praktik di Indonesia”; “Pembiayaan Pemilu di Indonesia”.

Lalu ada Politisi, Birokrat dan Reformasi Birokrasi, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan masih banyak lainnya. Publikasi lainnya antara lain Politisi, Birokrat dan Reformasi Birokrasi, Jurnal Ilmu Pemerintahan dan masih banyak lainnya.

Mada juga pernah menjabat sebagai Ketua Panitia Pemilihan Anggota Panitia Pengelola Daerah Kota Yogyakarta dan Kulon Progo pada Pemilihan Walikota dan Bupati Kulon Progo Tahun 2017.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *