Sandiaga Pede Kunjungan Wisman 2023 Bakal Tembus 11 Juta Orang

banner 468x60

REPUBLIK.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno berharap total kunjungan wisman mencapai 11 juta orang pada akhir tahun 2023. Momen Natal dan Tahun Baru diyakini bisa menjadi pengungkit wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, total kunjungan wisman hingga Oktober 2023 mencapai 9,49 juta kunjungan, atau lebih banyak dibandingkan periode sama tahun lalu yang hanya 4,23 juta kunjungan. Sandiaga mengatakan, target 8,5 juta kunjungan yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada tahun ini juga terlampaui.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Bahkan kami perkirakan bisa melampaui satu juta wisman di bulan Desember (musim Natal) dan jika kumulatif bulan Oktober ditambah, kami perkirakan kunjungan wisman bisa mencapai 11 juta. “Ini meningkat signifikan dari target tahun ini sebesar 8,5 juta,” kata Sandigaga di Jakarta, Senin (4/12/2023).

Sandiyaga tidak merinci target kunjungan wisman tahun depan. Namun, ia memperkirakan kontribusi devisa pariwisata akan mencapai Rp 200 triliun pada tahun 2024 seiring pulihnya sektor pariwisata. Oleh karena itu, pihaknya mendukung realisasi Indonesia Tourism Fund (ITF) karena akan membantu pengembangan pariwisata Tanah Air.

ITF bertujuan untuk dibentuk pada pertengahan tahun 2024 dan mendukung pelaksanaan agenda internasional. Misalnya saja MotoGP Mandalika yang menarik kunjungan wisatawan mancanegara ke Lombok, NTB.

Sementara pergerakan wisatawan nusantara (Visnus) masih jauh dari target. BPS mencatat kunjungan wisman baru mencapai 688,78 juta hingga Oktober 2023. Realisasi tersebut lebih tinggi 11,9 persen dibandingkan bulan sebelumnya, namun masih jauh dari target pemerintah yang sebesar 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan pada tahun ini.

Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, masih ada harapan pergerakan wisman bisa mencapai kisaran target pada tahun ini. Libur Natal dan Tahun Baru kembali diyakini bisa menjadi pengungkit pergerakan pariwisata dalam negeri.

“Kami masih berharap bisa mencapai dua bulan ini (November-Desember),” kata Sandiaga.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *