Selidiki Lubang Hitam di Antariksa, India Luncurkan Roket dengan Sinar X

banner 468x60

NEW DELHI – Badan Antariksa India berhasil meluncurkan roket dari pesawat luar angkasa Sriharikota untuk membantu para ilmuwan menambah pengetahuan mereka tentang lubang hitam di luar angkasa.

Roket yang membawa satelit X-Ray Polarimeter (XPoSat) diluncurkan dari pesawat ruang angkasa Sriharikota pada hari Senin, kata Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) dalam sebuah posting di situs komunitas X.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Tahun 2024 tiba dengan sangat istimewa. XPoSat dalam kondisi baik dan sudah mulai menghasilkan listrik,” katanya.

Peluncuran tersebut merupakan misi kedua untuk mempelajari fenomena lubang hitam, setelah Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) meluncurkan upaya serupa pada tahun 2021.

Lubang hitam adalah suatu wilayah di ruang angkasa tempat materi runtuh akibat gravitasi hingga mencapai titik di mana cahaya tidak dapat keluar.

Ketua ISRO Somanath mengatakan satelit PSLV-C58 berhasil diluncurkan.

“Selanjutnya, PSLV akan diturunkan ke orbit rendah dan pengujian akan dilakukan dengan sembilan muatan di tahap atas, sebuah proses yang akan memakan waktu,” ujarnya.

Pada tahun 2023, India meluncurkan misi surya pertamanya Aditya-L1 dan merayakan keberhasilan pendaratan Chandrayaan-3 di Kutub Selatan Bulan.

ISRO saat ini sedang mencoba meluncurkan misi berawak pada tahun 2025, yang bertujuan untuk mengirim tiga astronot ke orbit Bumi dan membawa mereka kembali tiga hari kemudian.

“2024 akan menjadi tahun persiapan misi Gaganyaan,” kata Somanath.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *