Sri Ratna Laksmiastuti Octavian Luncurkan Buku Penyakit Gingiva pada Anak

banner 468x60

JAKARTA – Penyakit jaringan penyangga gigi dan kerusakan gigi merupakan penyakit gigi dan mulut yang paling banyak ditemukan di masyarakat, termasuk anak-anak.

Gingiva atau gingiva merupakan jaringan penyangga gigi yang tampak secara klinis pada rongga mulut. Prevalensi penyakit gusi/gingivitis di Indonesia menurut Survei Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 adalah 74,1%.

Baca juga: Fadli Zon persembahkan buku Pesona Wayang Indonesia

Perhatian dokter gigi dan orang tua biasanya lebih tertuju pada gigi berlubang atau kerusakan gigi. Penyakit gusi yang gejala awalnya berupa gingivitis atau radang gusi, jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius, yaitu kerusakan yang lebih dalam pada jaringan penyangga gigi.

Penelitian dan diskusi mengenai penyakit periodontal pada anak belum sebanyak penelitian dan diskusi mengenai gigi berlubang.

Dr. Dr. Sri Ratna Laksmiastuti Oktavianus. Gambar/Khusus

Buku “Penyakit Gingiva pada Anak” ditulis dan diterbitkan untuk memperkaya pengetahuan kedokteran gigi khususnya kedokteran gigi anak.

Baca juga: Buku Kedekatan Kapolri dengan Masyarakat dan Mahasiswa Resmi Diluncurkan

Buku ini antara lain membahas tentang definisi, epidemiologi, faktor penyebab, faktor risiko, patogenesis, klasifikasi, faktor genetik, faktor mikrobiologi, diagnosis dan pengobatan penyakit periodontal pada anak.

Buku ini dapat menjadi referensi dan refleksi bagi dokter gigi lain dan profesional kesehatan lainnya dalam pekerjaannya sehari-hari, serta bagi mahasiswa kedokteran gigi dalam praktik klinis profesionalnya.

Pengetahuan yang memadai dan pemahaman yang baik mengenai penyakit periodontal pada anak dapat berkontribusi pada tujuan mulia peningkatan kesehatan gigi dan mulut anak Indonesia.

Dr. Dr. Sri Ratna Laksmiastuti Octavian, Sp.KGA adalah seorang dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak dan sehari-hari bekerja sebagai guru besar di Departemen Kedokteran Gigi Anak, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Trisakti, Jakarta.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *