Suka Ngopi, Perhatikan Bahaya Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi kafein terlalu banyak mungkin saja terjadi. Lebih tepatnya, paparan kafein dalam jumlah tinggi bisa terjadi secara tidak terduga.

Salah satu alasannya adalah kafein ditemukan di banyak makanan umum dan suplemen makanan. Anda mungkin berpikir tentang kopi, soda, dan minuman berenergi, namun kafein juga dapat ditemukan dalam permen karet, wafel, sirup, es krim, permen, dan banyak lagi. Berapa banyak kafein yang dianggap terlalu banyak?

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Jumlah kafein yang dikonsumsi, jangka waktu, dan komposisi tubuh orang yang mengonsumsi kafein semuanya berperan. Ada variasi yang luas dalam hal seberapa sensitif orang dan seberapa cepat mereka dapat menguraikannya.

Obat-obatan dan kondisi tertentu seperti kehamilan dan menyusui juga dapat berperan. Menurut Food and Drug Administration (FDA), tidak ada efek samping yang terkait dengan konsumsi 400 miligram kafein per hari (sekitar empat hingga lima cangkir kopi) di antara orang-orang yang mengonsumsi 400 miligram kafein per hari (sekitar empat hingga lima cangkir kopi). orang dewasa yang sehat.

Jika Anda khawatir dengan asupan kafein dan jumlah yang disarankan untuk Anda, bicarakan dengan dokter, dikutip dari situs University of Utah Health pada 27 November 2023. Gejala Kelebihan Kafein

Anda mungkin mengonsumsi terlalu banyak kafein tanpa menyadarinya dan mulai merasakan efek buruknya. Gejala-gejala tersebut antara lain: Sakit perut, jantung berdebar, Berkeringat gemetar, Muntah, Delirium, Sakit kepala, Diare, Sakit dada.

Dalam kasus keracunan kafein yang paling parah, jantung dan sistem saraf bisa terpengaruh. Dalam dosis tinggi, kafein juga bisa menurunkan tekanan darah.

Kafein merangsang sistem saraf pusat – menimbulkan perasaan gelisah – yang dapat menyebabkan agitasi (kegelisahan) dan akhirnya delirium (penurunan kesadaran) dan kejang.

Faktanya, efek buruk pada kardiovaskular, kunjungan ke ruang gawat darurat, dan kematian telah dikaitkan dengan minuman energi.

Administrasi Layanan Penyalahgunaan Zat dan Kesehatan Mental AS (SAMHSA) menemukan bahwa kunjungan ke Unit Gawat Darurat (UGD) telah meningkat secara dramatis dan mereka yang berusia antara 18 dan 39 tahun sering mengunjungi UGD karena minuman energi. Detak jantung tidak teratur

Kafein merangsang detak jantung Anda dan untuk sementara meningkatkan tekanan darah Anda. Bagi kebanyakan orang, hal ini tidak menjadi masalah.

Namun pada setiap orang yang sudah mempunyai penyakit jantung, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan irama jantung yang cepat dan tidak teratur, yang dapat menyebabkan serangan jantung mendadak.

“Jadi, jika mengalami detak jantung tidak teratur, pusing atau pingsan, segera ke IGD. “Pusing dapat mengindikasikan bahwa tubuh Anda tidak memompa cukup darah ke otak Anda,” jelas Beixin Julie He, ahli elektrofisiologi jantung di Institut Kedokteran Jantung Universitas Washington (UW).

Efek kafein pada sistem saraf menghasilkan kecemasan. Namun jika Anda cenderung tersandung, gangguan tersebut bisa membuat Anda semakin merasa cemas.

Khususnya bagi orang yang sudah mengalami kecemasan, “mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan kecemasan dan kegelisahan,” lanjut Beixin Julie He, dikutip dari situs UW Institute of Heart Medicine.

Gejala jantung yang dialami dapat meningkatkan kecemasan, apalagi jika orang merasa jantungnya berdebar kencang, hal ini justru menambah kecemasannya.

Jika Anda cenderung mengalami kecemasan atau serangan panik, kafein dapat memperburuk perasaan tersebut. Ini berarti Anda mungkin tidak mengalami serangan jantung, namun sulit membedakan antara serangan jantung dan kecemasan.

Beberapa penelitian sebelumnya menduga konsumsi kopi ada kaitannya dengan gangguan kesehatan. Namun penelitian terbaru menunjukkan bukti kuat bahwa konsumsi kopi memiliki banyak efek positif bagi kesehatan.

Frank Hu, Kepala Departemen Nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health mencatat bahwa bagi kebanyakan orang, konsumsi kopi dalam jumlah sedang (2-5 cangkir per hari) dapat diintegrasikan ke dalam pola makan yang sehat.

Hal ini karena dikaitkan dengan penurunan risiko berbagai penyakit seperti diabetes melitus tipe 2 (DM tipe 2), tekanan darah tinggi, obesitas, penyakit jantung, kanker hati, kanker endometrium, penyakit Parkinson dan depresi, yang dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Ia juga mengatakan bahwa minum kopi dalam jumlah sedang juga dapat mengurangi risiko kematian dini.

Dalam kasus yang parah, langkah-langkah dapat diambil untuk mencoba mengurangi efek kafein, namun tidak ada yang dapat dilakukan untuk membalikkan toksisitas kafein.

Cara terbaik untuk menghindari potensi komplikasi kafein adalah dengan memperhatikan asupan Anda. Jika Anda merasa sudah minum terlalu banyak, mungkin Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein. Dan ingat, jika Anda merasa lelah, tubuh Anda mungkin perlu istirahat, bukan secangkir kopi lagi.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *