Telapak Ungkap Keanekaragaman Lingkungan dalam Reklamasi Lahan Pertambangan

banner 468x60

Jakarta – Antara September 2022 hingga Agustus 2023, Asosiasi Telapak melakukan beberapa survei dan kunjungan lapangan untuk menilai dampak sosial dan lingkungan di berbagai kawasan hutan di provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah. Pekerjaan ini merupakan bagian dari upaya menjamin keberlanjutan dan kepatuhan pengelolaan lingkungan hidup serta tanggung jawab sosial di sektor kehutanan dan pertambangan.

Di Kalimantan, studi ini fokus pada dua konsesi kehutanan yang berada di bawah naungan salah satu konglomerat energi terbesar.

Studi ini mengeksplorasi konflik antara perusahaan dan masyarakat lokal. Termasuk persoalan terkait ruang lingkup konsesi. Pemanfaatan hasil hutan bukan kayu perburuan binatang liar dan pengelolaan lahan Telapak telah mengambil langkah-langkah penting seperti pemetaan wilayah. Mengumpulkan informasi dari masyarakat di sekitar wilayah konsesi. dan memperkuat potensi masyarakat lokal

Survei juga dilakukan di sektor pertambangan. Khususnya di wilayah Pulau Obi. Selatan Halmahera dan Maluku bagian utara.Di sini, studi ini berfokus pada operasi penambangan nikel yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang merupakan bagian dari kelompok besar di industri nikel.

Telapak mendapat tur langsung mengenai operasional perusahaan. dan menemukan penggunaan teknologi ramah lingkungan serta kegiatan rehabilitasi dan rehabilitasi lingkungan hidup, ujarnya.

Dari hasil penelitian ini Telapak memberikan beberapa saran dan kesimpulan penting, seperti peningkatan keanekaragaman tanaman di lahan reklamasi. Mengembangkan potensi ekonomi lokal dan memastikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perusahaan di sektor ini. Terutama dalam hal perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial.

“Tim peneliti merasa masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi, seperti peningkatan jumlah dan keanekaragaman tumbuhan yang dapat dimanfaatkan untuk memulihkan dan memulihkan lingkungan. Keanekaragaman tanaman juga harus memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

“Untuk memperluas cakupan kegiatan ekonomi dan sosial asosiasi Perluasan ini dapat bergantung pada potensi sumber daya desa dan masyarakat. Harus ada dukungan yang kuat dan serius untuk ini,” ujarnya Kak Imin tentang Yayasan Aceh Istimewa: Kita akan teruskan sampai akhir dunia. Janji perluasan Dana Otonomi Khusus Aceh didukung calon presiden nomor urut 1 Khaq Imin jika terpilih mendampingi Anis Baswedan pada Pilpres 2024. goseo.id.co.id 5 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *