Terungkap, Alasan di Balik Urine Berwarna Kuning

banner 468x60

JAKARTA – Air kencing berwarna kuning menandakan adanya proses biologis di dalam tubuh. Para peneliti telah menemukan enzim yang bertanggung jawab atas warna urin, mengungkap misteri yang membingungkan para ilmuwan selama bertahun-tahun.

Brantley Hall, asisten profesor di Departemen Biologi Sel dan Genetika Molekuler di Universitas Maryland, mengatakan: “Sungguh menakjubkan betapa siklus hidup setiap hari tidak dapat dijelaskan, dan tim kami sangat bersemangat untuk dapat menjelaskannya.” pernyataan dari CBS Berita, Jumat (5/1/2024).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Apa penyebab urin berwarna kuning?

Urin adalah campuran air, elektrolit, dan produk limbah yang disaring oleh ginjal dari darah. Lebih dari 125 tahun yang lalu, para ilmuwan menemukan urobilin sebagai pigmen kuning dalam urin, namun tidak mengetahui apa yang menyebabkan produksi urobilin.

Ternyata, warna urine berkaitan dengan sel darah merah dalam tubuh. Ketika sel darah merah terurai, pigmen oranye terang yang disebut bilirubin diproduksi.

Pigmen ini biasanya disekresikan di usus, di mana ia dapat dikeluarkan atau dikembalikan ke samping. Setelah bilirubin masuk ke usus, mikroorganisme di usus dapat mengubah bilirubin menjadi molekul lain.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *