TikTok Boleh Jalin Kerja Sama dengan Pemain Lokal

banner 468x60

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya akan memungkinkan TikTok bekerja sama dengan pemain lokal di Indonesia. Dalam keterangannya, ia menanggapi informasi TikTok berencana menjalin kerja sama dengan perusahaan e-commerce Tokopedia.

“Kita bisa. Kalau kita bekerjasama dengan masyarakat lokal, kita bisa,” kata Zulkifli Hasan saat ditemui usai pengumuman white paper Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia Tahun 2030 di Jakarta, Rabu. 06/12/2023).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Menurutnya, hingga saat ini TikTok belum mengajukan izin untuk melakukan e-commerce sehingga belum ada izin yang dipertimbangkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Namun, dia menegaskan, lisensi yang bisa ditawarkan TikTok akan berupa program kolaborasi, bukan lisensi baru.

– Ini tidak diperbolehkan sebagai izin baru. “Tapi kalau kita bekerjasama dengan masyarakat setempat, tidak ada salahnya,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kebijakan pemerintah terhadap TikTok tidak secara tegas melarang platform tersebut, namun bertujuan untuk mengatur dan menstrukturkan perdagangan sosial di Indonesia.

“Jadi siapa pun yang menaati aturan dan ketentuan yang kita buat, silakan saja. Negara lain mungkin melarang, tapi kita tidak melakukan itu, kita mengaturnya,” jelas Mendag.

Dalam kesempatan lain, Wakil Menteri Perdagangan (Wamandag) Jerry Sambuaga mengatakan, sebelumnya toko TikTok ditutup karena platform tersebut tidak mematuhi peraturan setelah menjadi media media sosial untuk transaksi e-commerce.

Giri mengatakan, tindakan pemerintah terhadap TikTok Shop beberapa waktu lalu bertujuan untuk mengatur ketidakmungkinan menggabungkan media sosial dan e-commerce sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Kementerian Perdagangan juga meminta TikTok Shop segera mendapatkan izin e-commerce jika ingin melanjutkan aktivitas jual beli elektronik. Kementerian Perdagangan memperbolehkan TikTok Shop bekerja sama dengan e-commerce atau platform e-commerce mana pun asalkan mematuhi peraturan dan prosedur yang berlaku di Indonesia.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *