Update iOS 17.1.2 Lindungi Pengguna iPhone dari Peretasan dan Pencurian Data

banner 468x60

Liputan6.com, Jakarta – Belum lama ini, pengguna iPhone mendapat pembaruan iOS 17.1.2. Kedatangan pembaruan iOS ini terjadi hanya tiga minggu setelah Apple merilis iOS 17.1.1.

Berbeda dengan pembaruan iOS yang ditunggu-tunggu pengguna, iOS 17.1.2 tidak menyertakan fitur baru apa pun. Namun Apple menyarankan pengguna segera memperbarui sistem operasinya ke versi terbaru ini.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Mengutip CNET, Senin (12/4/2023), pembaruan iOS 17.1.2 memberikan perbaikan untuk dua masalah keamanan nol yang menurut Apple dapat dieksploitasi secara aktif.

Dan Anda, sudahkah Anda mengunduh dan menginstal pembaruan iOS terbaru yang menyertakan tambalan untuk kelemahan keamanan yang dapat dieksploitasi?

Jika belum, sekaranglah saatnya. Untuk melakukan ini, Anda dapat membuka Pengaturan di iPhone Anda, lalu pilih Umum, Pembaruan Perangkat Lunak, dan Instal Sekarang. Ikuti prosedur selanjutnya.

Jadi, masalah keamanan apa yang dieksploitasi untuk mengharuskan pengguna memperbarui ke iOS 17.1.2?

Menurut Apple, pembaruan ini memperbaiki dua masalah terkait WebKit di browser default Apple, Safari.

Masalah apa pun dapat memicu kode apa pun. Menurut perusahaan layanan TI Okta, hal ini berarti pihak ketiga dapat mencuri data pengguna atau meretas perangkat mereka untuk tujuan jahat lainnya.

Masalah kedua dapat mengungkapkan semua informasi pengguna setelah memproses konten web tertentu.

Apple mengatakan pihaknya mengetahui kelemahan keamanan ini dari peneliti keamanan Clement Lecigne dari Thread Analysis Group Google.

Grup Analisis Utas Google mengatakan pada saat itu bahwa Apple berusaha melindungi pengguna dari peretas yang disponsori pemerintah. Namun Apple tidak memberikan rincian mengenai kerentanan iOS yang ditemukan peneliti Google.

Sebelumnya, Apple dikabarkan merilis pembaruan iOS 17.1 pada 24 Oktober 2023. Informasi ini diumumkan di situs regulator Prancis ANFR sebagai bagian dari upaya Apple mengatasi tingkat radiasi pada iPhone 12.

Tak hanya itu, pembaruan ini juga membawa sejumlah perubahan lain yang sebelumnya hadir di iOS 17. Termasuk pembaruan pada aplikasi Apple Music, dukungan AirDrop melalui Internet, serta opsi baru untuk melihat saldo bank dan kartu di Wallet. aplikasi.

Apple sendiri telah mengonfirmasi bahwa iOS 17.1 akan melakukan perubahan kecil untuk mengurangi tingkat radiasi pada iPhone 12. Langkah tersebut sejalan dengan larangan penjualan iPhone 12 di Prancis pada bulan lalu dan mengharuskan Apple melakukan perubahan agar perangkat tersebut sesuai dengan peraturan Eropa. . standar radiasi elektromagnetik.

Sekadar informasi, iPhone memiliki fitur bawaan yang memungkinkannya meningkatkan daya pancarnya saat tidak dipegang di badan untuk mengoptimalkan kinerja sel.

Apple mengatakan deteksi off-body telah diuji secara menyeluruh dan divalidasi secara internasional sebagai mekanisme efektif untuk memenuhi persyaratan SAR.

Namun iPhone‌ 12 kini sudah dinyatakan aman digunakan. Setelah pembaruan iOS 17.1, model ‌iPhone‌ 12 di Prancis tidak lagi meningkatkan daya transmisi saat berada di luar bodi.

IOS 17 telah dirilis sejak September 2023. Sebagian besar pengguna yang melakukan upgrade hanya fokus pada fitur seperti pembaruan NameDrop, StandBy, dan FaceTime.

Meskipun sistem iOS baru ini juga menawarkan beberapa fitur yang sangat berguna yang tidak disadari oleh kebanyakan orang. Fitur rahasia ini tersembunyi di Pengaturan iOS – Jarak Layar.

Apple mengembangkan fitur tersebut untuk mengurangi ketegangan mata saat menggunakan smartphone, dikutip News18, Sabtu (14/10/2023). Apple memperingatkan pengguna dengan cara sederhana bahwa wajah mereka mungkin terlalu dekat dengan ponsel.

Saat fitur ini diaktifkan, iPhone secara berkala mendeteksi ketika pengguna memegang ponsel kurang dari panjang lengan dan terlalu dekat dengan layar. Setelah itu, layar pengguna akan menampilkan peringatan “iPhone mungkin terlalu dekat”.

Peringatan tersebut selanjutnya mengatakan bahwa “Menjauhkan iPhone Anda dapat melindungi penglihatan Anda.”

Peringatan tersebut langsung hilang ketika pengguna menempatkan setidaknya satu lengan di antara layar iPhone dan matanya. Dan iPhone akan mengatakan bahwa perangkat tersebut sekarang berada dalam jarak yang disarankan.

Untuk menggunakan fitur jarak layar, pengguna harus memiliki iPhone dengan sistem kamera depan TrueDepth. Berkat ini dimungkinkan untuk menentukan jarak pengguna dari layar.

Fitur jarak layar dipicu beberapa kali, terutama saat browsing malam hari ketika seseorang, tanpa menyadarinya, menggunakan ponsel cukup dekat dengan wajahnya. Ini akan efektif membantu pengguna mencegah terjadinya rabun jauh atau rabun jauh.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *