Viral Batu Besar Bersarang di Dalam Vagina Wanita Muda, Ini Penyebabnya

banner 468x60

Jakarta – Dokter baru-baru ini melaporkan kasus mengejutkan seorang wanita muda dengan batu vagina yang sangat besar di antara organ panggul atau di sekitar vaginanya.

Dalam laporan Daily Mail pada Senin, 27 November 2023, batu ini sangat langka, dengan kurang dari 100 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis terkini.

Batu-batu ini terjadi ketika urin yang tergenang menumpuk di vagina dan membentuk kristal yang mengeras. Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri yang tidak diobati. Bakteri ini bereaksi dengan bahan kimia dalam urin untuk menciptakan lingkungan yang mendorong pemadatan cairan.

Orang dengan kondisi yang membuat mereka harus terbaring di tempat tidur memiliki risiko lebih besar, karena bakteri dan urin cenderung bertahan lebih lama di vagina. Kasus terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Urology Case Reports adalah seorang pasien berusia 27 tahun yang menderita Cerebral Palsy dan hanya bisa terbaring di tempat tidur.

Wanita tersebut dibawa ke UGD setelah mengalami demam dan menggigil selama tiga hari. Dia juga makan lebih sedikit dari biasanya, muntah-muntah dan sakit perut yang parah.

Dokter mengatakan dia tampak pucat dan lesu. CT scan dilakukan pada perut dan panggulnya dan gambarnya menunjukkan massa bulat besar di daerah panggul.

Untuk mengatasi masalah ini, dokter di Universitas Lebanon di Lebanon menggunakan terapi laser untuk melarutkan massa tersebut. Alat tersebut memancarkan gelombang kejut ultrasonik ke perut pasien, di bagian luar tubuh.

Setelah dipecah menjadi beberapa bagian, batu tersebut dikeluarkan dengan tang dalam prosedur tiga jam. Karena batu tersebut sangat besar, hal ini memberi tekanan pada kandung kemih wanita, sehingga mengurangi kapasitasnya dan menyebabkan lebih banyak kebocoran urin.

Jenis batu yang lebih umum adalah batu ginjal: bentuknya mirip dengan batu vagina. Dalam urin pekat, gumpalan mineral yang keras saling menempel dan membentuk batu.

Sekitar 11 persen pria dan enam persen wanita mengalaminya sepanjang hidup mereka. Batu-batu ini bisa terasa nyeri saat melewati saluran kemih, namun biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen.

Gejala yang paling umum adalah nyeri hebat, biasanya di bagian samping perut. Cerebral palsy sering dikaitkan dengan inkontinensia urin, yang menyebabkan kebocoran urin terus-menerus ke dalam vagina. Sangat Mengkhawatirkan: Para Dokter Melaporkan Pesatnya Penyebaran Penyakit Menular di Rumah Sakit Gaza Para dokter di Gaza melaporkan pesatnya penyebaran beberapa penyakit menular di wilayah tersebut karena kelebihan populasi, yang terlantar akibat serangan Israel. goseo.id.co.id 5 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *