Warganet Minta Polisi Tindak Motor Tanpa Pelat Nomor Belakang

banner 468x60

JAKARTA – Polda Metro Jaya tengah menggarap Zebra 2023 yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pentingnya keselamatan bagi pengguna jalan.

Pelanggaran yang diperiksa petugas salah satunya terkait kelengkapan spesifikasi kendaraan, termasuk pelat nomor.

Dikutip goseo.id Otomotif dari Instagram @tmcpoldametro Selasa 19 September 2023 Senin pekan lalu, petugas menindak pengendara sepeda motor yang tidak memakai pelat nomor depan.

“Polrestabes Jakarta Utara menindak pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan TNKB (plat nomor) terkait lampu lalu lintas #OperasiZebraJaya2023 Mangga Dua,” tulis pengelola akun tersebut.

Postingan itu mendapat banyak tanggapan dari warganet. Banyak di antara mereka yang membahas tren sepeda motor tidak memiliki plat nomor di bagian belakang.

“Banyak kendaraan roda dua yang tidak memiliki pelat nomor, terutama roda belakang. “Ada plat depannya, tapi plat belakangnya tidak ada,” kata salah satu warganet.

Ada pula netizen yang bertanya-tanya kenapa banyak pemilik sepeda motor yang tidak memasang plat nomor di punggungnya.

“Apa yang kamu maksud dengan melihat banyak sepeda motor?” Plat nomor belakang kadang tidak dipasang. Bagian depan tidak terpasang. Seperti di banyak kota besar.

“Jangan pakai plat nomor depan atau belakang, nanti cepat. Kalau mau tetap bersih, tidak perlu pakai bodi atau bemper motor. polisi, benar.” ? Yah, jangan menimbulkan kecurigaan polisi dengan melanggarnya,” komentar warganet lainnya.

Sekadar informasi, sanksi pelanggaran tidak pemasangan pelat nomor diatur dalam Pasal 280 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Pelanggar dapat menghadapi tuntutan pidana hingga dua bulan penjara atau denda Rp 500.000. Ratusan sepeda motor telah diparkir di Bandara Ngurah Rai Bali selama bertahun-tahun, dengan tarif parkir mencapai Rp 74 juta. Durasi parkir sepeda motor bervariasi dari 3 bulan hingga 7 tahun. goseo.id.co.id 9 Desember 2023

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *