Warganet Rangkum 50 Kasus Diduga Pencurian Barang di Bus Rosalia Indah

banner 468x60

Liputan6.com, JAKARTA – Seorang penumpang Perusahaan Bus (PO) Rosalia Indah mengaku kehilangan barang bawaannya saat perjalanan dari Wonosobo-Siputat ramai dibicarakan di media sosial. Melalui akun X yang dulu bernama Twitter, seorang penumpang bernama Vidino melaporkan bahwa tas berisi iPad Pro 2020 miliknya, paket pensil dan keyboard, serta charger dicuri saat berada di dalam bus.

Isi tasnya digantikan oleh buku telepon dan baru sesampainya di rumah dia menyadari buku itu telah hilang. Rosalia Indah telah meminta maaf atas kehilangan salah satu penumpangnya.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Namun, ini bukan kali pertama Rosalia Indah merampok sebuah bus, setidaknya menurut beberapa pengguna X. Berdasarkan unggahan akun @sariroti_coklat sudah belasan. Peristiwa pencurian bus Rosalia Indah dihimpun dari komentar pengguna X menanggapi cerita Dino.

Pada Kamis, 21 Desember 2023, @sariroti_coklat membagikan 31 kasus pencurian, lengkap dengan foto, keterangan barang yang hilang, dan tanggal dugaan barang hilang. Namun, saat laporan ini ditulis, pada Jumat (22/12/2023) sore, tercatat daftarnya bertambah menjadi 50 kasus pencurian.

Barang yang hilang sebagian besar adalah laptop. Caranya hampir sama, tas tempat pengambilan barang sebagian besar berisi buku atau perkakas. Akuntan memberi peringkat pertama pada kasus pencurian Dino di bus Rojalia Indah. Yang kedua adalah seseorang yang mengaku kehilangan laptopnya.

Akun @arsitekmudaa menceritakan, pada 19 November 2022, ia kehilangan laptop saat bepergian dengan bus Rosalia Indah. Ia juga mengungkapkan, laptop curiannya diganti dengan buku berwarna biru.

Nomor delapan ada penumpang yang kehilangan dua ponsel. Tak hanya barangnya yang dicuri, ada penumpang yang melaporkan pelayanan bus Rosalia Indah buruk. Namun pengguna akun X ini tidak menyebutkan barang hilang yang ada di bus Rosalia Indah.

Akun @info_b4ngsa menulis, “Di Rosalia banyak maling.. Dulu kaya juga dulu gan.. Pelayanan jelek banget..yang profesional, sekarang Rosalia cantik,” tulis akun @info_b4ngsa.

Tak hanya barang elektronik, penumpang bus Rosalia Indah pun mengaku merugi. Manajemen hanya memberikan balasan ‘templat’ sambil mengeluh.

“Saya yang menaiki SDD Rosalia Indah juga mengalami hal tersebut. Uang saya hilang namun saya komplain ke CS CM dan mendapat balasan, “Kerugian dan kerusakan bukan tanggung jawab PO Rosalia Indah”. “Padahal adikku disuruh turun karena busnya perlu diisi bahan bakar, tapi dia yang terakhir naik, aku turun duluan,” tulis akun @intinyadeh.

Kemudian muncul akun @membadutz yang mengaku berada di bus Rosalia Indah jurusan Solo menuju Malang dan kehilangan ponsel. Saat itu hanya ditemukan satu buku batik di tasnya. Pada Juli 2023, seorang penumpang dengan akun @lapngstu melaporkan kehilangan laptopnya saat menaiki bus Rosalia Indah rute Wonosobo-Purwokarto-Jakarta.

Laptop diganti dengan buku tebal, dan resleting tas dilem, akhirnya ada penumpang di dekat nomor 50 yang mengaku MacBook miliknya hilang.

“Macbook istri WKWKWK juga hilang di bus yang sama, seri M1 ditukar dengan buku serupa, padahal tasnya selalu ada, istri tidak makan saat jam makan siang. Kok bisa?” Di-tweet oleh akun @mnhamzahsa pada Rabu 20 Desember 2023

“50: Teman-teman, itu saja untuk saat ini, masih banyak lagi yang akan datang. Semoga pihak berwenang membaca dan semoga mereka memperbaikinya. Tetap hati-hati saat membawa barang berharga di angkutan umum, baik itu bus, kereta api atau lainnya.” Akun @sariroti_coklat menulis di titik hilang 50 unggahan tersebut.

Banyak reaksi netizen terhadap tweet ini. “Kalau jumlah kejadian dalam setahun minimal seminggu sekali, itu gila. Atau setelah 2 tahun bila minimal 2 minggu sekali. Atau minimal sebulan sekali setelah 3 tahun. Itu threadnya soalnya lho,” kata salah satu warganet.

“Orang seperti itu masih ada…saat kakak saya Rossi jalan-jalan ke Malang tahun 2017, dia juga mendapat yang seperti ini…laptopnya diganti dengan 2 ubin keramik. Yang merupakan laptop bersama untuk kita sebagai saudara. 🙂 Sejak saat itu, kalau ke luar kota, aku selalu bawa laptop, bahkan aku bawa ke toilet :)),” kata warganet lainnya.

“Gila bertahun-tahun dan cara kerjanya selalu sama, berantakan,” kata pengguna lain.

Usai ramai dikecam netizen, Rosalia Inda merilis pernyataan resmi yang dibagikan di akun media sosialnya. Pihaknya sejak awal menyatakan keprihatinan atas kejadian tersebut. “Manajemen Rosalia Indah ingin menegaskan bahwa (kami) tidak membenarkan adanya pencurian armada,” ujarnya.

Pihaknya juga mengaku meminta maaf atas “respon yang tidak tepat dari staf layanan contact center terhadap pelanggan”. Mereka mengatakan mereka sedang melakukan prosedur penyelidikan resmi lebih lanjut. Menurut pihaknya, sejumlah tindakan telah dilakukan, khususnya manajemen telah menghubungi langsung pelanggan untuk meminta maaf dan mendapatkan informasi detail atas kejadian tersebut. Melakukan proses penyelidikan menyeluruh dengan petugas jaga bus untuk mendapatkan klarifikasi dan informasi lengkap selama perjalanan. Jika ada bukti keterlibatan awak bus dalam kejadian tersebut, pihak manajemen akan mengambil tindakan tegas sesuai aturan perusahaan.

Dino bereaksi terhadap pernyataan tersebut. “Saya mengharapkan keseriusan Rosalia Inda dalam menangani masalah ini. Karena ini bukan pertama kalinya terjadi dan sudah banyak korban yang berbicara di DM saya, saya harap Anda menanggapinya dengan serius agar hal ini tidak terjadi lagi. korban di masa depan.”

“Kalau perlu bukti, saya akan kirimkan screenshot korban lainnya agar Rosalia Inda serius,” ujarnya. Namun, netizen merasa skeptis, “Jika bukan karena influencer yang hilang, dia akan tetap ada.”

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *